Seni Foto Hitam Putih

Sudah beberapa pekan ini, timeline facebook saya dihiasi berbagai macam foto hitam putih dari teman-teman. Obyeknya pun beragam. Mulai dari bangunan, benda, orang, hewan. Kesemuanya adem di mata, menimbulkan decak kagum atas efek hitam putih yang membuat obyeknya semakin artistik.

Seni foto hitam putih ini selalu melahirkan karya yang artistik dan unik. Dari pengamatanku, tak semua obyek bisa cocok dengan efek ini. Salah satu obyek yang agaknya gak dapet ‘feel’ untuk efek ini adalah makanan. Menurut saya, makanan apapun lebih bagus jika memakai efek warna karena jika dihitamputihkan, yang melihatnya bakal menjadi bingung bahan apa, ya, makanan ini.

Foto hitam putih juga selalu meninggalkan kesan klasik dan elegan. Tak seperti zaman dahulu yang hitam putih sudah menjadi standar di kamera, sekarang ini dengan bantuan aplikasi seperti photoshop, sebuah foto bisa dibuat sangat artistik dan bernilai jual tinggi. Belum lagi kecanggihan kamera sekarang ini, memotret pun menjadi lebih mudah.

Minggu kemarin, saya ditag oleh teman untuk melanjutkan satu challenge (yang entah saya tak tahu siapa yang mulai) bernama #BWchallenge. Challenge ini dilakuin selama lima hari dengan memtoret apapun dan dibikin dalam bentuk hitam putih. Saya sangat sexcited bisa mengedit foto-foto dengan aplikasi di handphone.

Hasilnya? Gak mengecewakan (menurutku) hehehe.. Setiap foto selalu ada cerita dibaliknya. Yang melihatnya pun bisa menafsirkan bermacam cerita untuk sebuah foto.

So, selamat menikmati cerita fotoku..

foto sandal hitam putih1. Obyek : sandal

Lokasi : taman depan rumah

Kenapa sandal ini? Ini adalah sandal hotel berbintang di Bali. Kuat dan tahan lama. Unik juga.

foto telaga hitam putih2. Obyek : teratai di telaga

Lokasi : Museum Kuno Danar Hadi, Solo.

foto bangku hitam putih3. Obyek : kursi ukir kayu

Lokasi : Museum Kuno Danar Hadi, Solo

foto bunga hitam putih4. Obyek : bunga liar

Lokasi : Depan Perumahan

IMG_19835. Obyek : Gerbang

Lokasi : Museum Kuno Danar Hadi, Solo

Foto ini sewaktu diuplod di Instagram, di like salah satu fotografer luar negeri *ihiiiy*, senangnyoooo. Dan, sewaktu saya kunjungi akunnya ternyata dia penggemar BW juga.

Semua foto menggunakan iPhone dan diedit dengan aplikasi ‘afterlight’.

Sudah pernah bermain foto hitam putih? Kalau belum, sesekali perlu dicoba.

Selamat berakhir pekan, temans.

12 Comments

  1. ndop
    • ranny
  2. Agitha
  3. hendronurkholis
  4. Lidya
  5. Nchie Hanie
  6. Jeng Sri
  7. Dunia Ely
  8. oRiN
  9. ade anita

Reply