Review Rice Bran Oil – Minyak Goreng Sehat Dengan Segudang Manfaat

Pernah dengar nggak tentang rice bran oil?

Hmm, kalau saya pernah selintas baca tapi nggak terlalu ngeh dan berniat untuk cari tahu kala itu. Di ingatanku, rice bran oil ini digunakan untuk produk-produk perawatan juga kecantikan. Tapi, saya baru tahu bahwa rice bran oil ini ternyata minyak goreng sehat yang setara dengan olive oil.

Rice bran oil ini masih kalah terkenal sebagai minyak goreng sehat dibandingkan kegunannya sebagai face oil.

Booming-nya tren skincare sekarang ini, banyak yang merekomendasikan rice bran karena efeknya bisa membuat wajah menjadi glowing, sehat, warna kulit jadi rata. Tak lain karena minyak ini mengandung 350 ppm tokotrienol which is masuk dalam golongan vitamin E loh, juga memiliki fungsi sebagai antioksidan alami yang kuat.

Kali ini, saya pengin mengajak teman-teman untuk mengenal lebih jauh lagi tentang rice bran oil ini sebagai minyak goreng sehat yang saya gunakan dalam memasak, salad dressing. Psst, minyak goreng sehat yang satu ini andalan salah satu diva kita loh saat diet.

Apa sih rice bran oil?

review rice bran oil minyak goreng sehat
Rice bran oil – minyak goreng sehat

Rice bran oil, sering saya β€˜kepleset’ jadi brain hahaha yakalik, minyak untuk otak ya :p.

Rice bran oil adalah minyak yang terbuat dari serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi. Kalau di Indonesia disebut dedak atau bekatul.

Hayo, pada mikir dedak kan pakan ternak? Hehehe ….

Rice bran oil merupakan minyak hasil ekstraksi dari dedak di mana sudah melalui berbagai proses seperti stabilisasi dan pemurnian. Sehingga, aman untuk dikonsumsi sebagai minyak goreng sehat.

Sedikit informasi ya, untuk pengolahan dedak menjadi minyak ada dua faktor utama yaitu, stabilisasi secara kimiawi maupun dengan panas.

Tujuannya, agar enzim lipase yang ada di dalam dedak bisa dihancurkan, sehingga rendaman minyak bisa meningkat juga menurunkan kadar asam lemak bebas. Berikutnya, dilakukan pengolahan dengan cara ekstraksi menggunakan pelarut yang cepat menguap. Nah, selesai ekstraksi, ampasnya itulah yang digunakan sebagai pakan ternak.

Proses membuat minyak bekatul selesai sampai di situ? No. Minyak bekatul hasil ekstraksi selanjutnya akan dimurnikan. Di proses ini, nggak jauh beda dengan pemurnian minyak nabati lainnya. Tujuannya, untuk menghilangkan asam lemak bebas, pewarna, bau, senyawa lilin.

Kok rice bran oil dikatakan minyak goreng sehat sih, Mak?

Jadi, minyak dedak memiliki kandungan vitamin, antioksidan serta nutrisi yang bisa menurunkan kandungan kolesterol di tubuh kita.

Dilansir dari Litbang Kementrian Pertanian, rice bran oil ini sangat baik dibandingkan minyak sawit, minyak kelapa juga minyak jagung. Kenapa? Karena, minyak bekatul memiliki titik asap (smoke point) yang tinggi, jadi membuatnya bisa tetap stabil, nggak mudah rusak saat dimasak di suhu tinggi.

Jika minyak kelapa sawit akan cepat mendidih di suhu 176 derajat celcius, maka minyak bekatul baru akan mendidih di suhu 254 derajat celcius.

Artinya, minyak goreng yang bisa stabil ketika dipanaskan di suhu tinggi nggak akan banyak mengandung lemak trans. Nah, lemak trans inilah yang bisa meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL).

minyak goreng sehat
Minyak goreng sehat

Jelas banget, yes, mengapa minyak bekatul atau minyak dedak ini dikatakan minyak goreng sehat.

Manfaat dari rice bran oil nggak hanya mencegah kolesterol loh, tapi untuk kesehatan juga, ada beberapa manfaat seperti.

  • Anti kanker
  • Anti aging
  • Melindungi kulit dari reaksi alergi
  • Baik untuk diet

Ini bakal saya jelasin di artikel terpisah, ya. πŸ˜€ Kepanjangan mah kalau tulis di marih.

Review Rice Bran Oil Oryza Graze

review rice bran oil
Rice bran oil cocok banget untuk salad dressing

Beberapa hari lalu, saya mendapat paket rice bran oil Oryza Graze. Wih, hepi banget dong! Kok, pas momennya sekarang ini di mana saya lagi mengubah pola makan juga diet.

Saya menerima rice bran oil Oryza Graze ukuran 1L. Setelah dipakai beberapa kali, saya rangkumkan reviewnya, ya.

Warna. Rice bran oil ini berwarna cokelat keemasan.

Bau. Wah, saya salut minyak goreng sehat ini nggak ada baunya! Nggak seperti minyak goreng lainnya yang memiliki bau khas.

Rasa. Saya mencoba untuk mencicipi minyak bekatul ini sebelum dipakai untuk salad dressing, rasanya nggak tawar tapi ada sedikit taste uhmm seperti sayuran. Mungkin karena minyak goreng ini termasuk vegetable oil, kali ya. πŸ˜€

Kemasan. Minyak bekatul impor Thailand ini kemasannya seperti minyak goreng pada umumnya. Untuk lubangnya agak sedikit besar ya, jadi hati-hati saat menuang jangan sampai ketumpahan. Di label ada nomor BPOM, kandungan gizi, perusahaan yang memproduksi-impor-distributor, tanggal kedaluarsa.

review rice bran oil
Kemasan rice bran oil

Pertama kali saya menggunakan minyak bekatul sebagai salad dressing. Kalau biasanya salad memakai mayones, thousand island, karena saya lagi diet untuk dressing saya ganti dengan minyak bekatul.

Saya tuangkan (2 sendok makan) saat terakhir setelah semua sayuran dicampurkan, garam, perasan jeruk, sedikit keju. Hasilnya? Enak!

Menurut saya, salad menggunakan rice bran oil Oryza Grace ini hasilnya enak, nggak kalah loh dengan memakai mayones. Meracik salad pakai minyak bekatul, sayurnya lebih kress, nggak khawatir ada campuran ini itu. Menyehatkan! Sangat baik untuk saya yang lagi diet dan pola hidup sehat pun terjaga.

Ini jadi camilan sehat saya selama seharian, asli mengenyangkan. Dan, to be honest jadi ketagihan bikin salad kayak gini.

Next, saya coba untuk memanggang ikan. Saya tuangkan satu sendok makan minyak bekatul di fry pan, lalu panggang ikan dengan api kecil. Citarasa minyak bekatul melekat di ikan, rasanya nggak hambar. Selesai manggang, ikannya kering nggak berminyak.

Harga. 1L – Rp. 72.000,-

Beli. Teman-teman bisa beli rice bran Oryza Grace ini di berbagai supermarket juga marketplace.

Kesimpulan. Overall, saya suka dengan minyak bekatul ini! Repurchase, of course yes! Saya jadi punya pilihan untuk variasi sayuran mudah diolah. Yang pasti minyak bekatul adalah minyak goreng sehat yang aman untuk keluarga.

I highly recomended this rice bran oil.

Bahkan, kemarin saya coba untuk membersihkan sisa lipstik. Saya oleskan tipis-tipis dengan jari, eh langsung luruh semua lipstiknya loh. Terus, setelah luruh saya bersihkan dengan tisu. Bersih? Iyes! Ditambah bibir nggak kering dan terasa lembut.

Minyak bekatul segudang manfaat ini, bagi saya wajib dimiliki. Bisa untuk memasak, bisa juga diaplikasikan ke perawatan wajah.

Untuk teman-teman yang mau tau lebih jauh tentang produk ini bisa akses media sosialnya, ya.

Website : www.oryzagrace.com

FB : www.facebook.com/ricebranoil

IG : www.instagram.com/oryzagraze

Anyway, ada yang sudah pernah coba minyak goreng sehat ini? Mau dong share pengalamannya untuk apa dan gimana caranya di kolom komen. Silahkan dishare juga ke teman-teman, keluarga yang membutuhkan new insight tentang minyak bekatul.

Have a good day.

Baca juga :

24 Comments

Reply