Resep Marble Cake Untuk Pemula

Setelah punya oven di rumah, bawaannya tuh pengin coba semua resep kue. LOL … Lihat postingan teman bikin brownies, dibikin, ada yang upload banana cake, pengin jugaaa, tapi belum sempat eksekusi.

Memang sih masih sedikit resep yang baru dicoba setidaknya test the water gitu, kue mana yang laris manis di rumah, dan apa sih kekurangan tiap resep. Tiap mencoba satu resep pasti ada gagalnya, trust me. Dari situ saya belajar, oh ternyata tiap resep itu punya ‘taste’ sendiri dan bagaimana kita menakar bahan-bahan agar sesuai selera.

Seperti resep marble cake ini. Pertama kali bikin, GAGAL dong huahaaha … Padahal ada Mama di rumah waktu itu. Saya sudah cobain sesuai resep tapi hasilnya bantat, hambar dan saat tepung dimasukkin di adonan agak bergerindil. Plus masih penasaran gimana sih bikin motif marble ini.

Short story, kemarin saya bikin lagi resep marble ini.

Jadi ceritanya, hari minggu kemarin saya lagi punya tenaga ekstra untuk beres rumah, masak dan baking. *feels like wonder woman *LOL 😀 Pagi, bagun agak kesiangan sekitar pukul tujuh. Pukul sembilan keluar sebentar untuk ke pasar terus masak.

Untuk Abang masak ikan goreng disuwir pakai sambal, sayurnya ketimun saja dipotong-potong, untuk anak-anak bikin omelet bakso campur tomat dan bawang. Untung udah nyetok ayam goreng jinten, so tinggal goreng saja.

Lihat meja, nggak ada camilan satupun. So, catat bentar resep marble cake di buku dan langsung eksekusi! Untunglah bahan-bahan lengkap semua. Dan anak-anak aman main, nggak ada recokin Mamanya di dapur.

Kali ini resep marble cake masih pakai dari Xander’s Kitchen yang saya nemu di Instagram tapi saya tambahkan TBM agar lembut dan mengembang.

So, here’s the recipe!

Resep Marble Cake

by : Ranny’s Kitchen

resep marble cake2

Bahan :

6 butir telur

¼ sdm TBM

175 gr tepung terigu

20 gr maizena

175 gr gula pasir

200 gr butter cairkan (saya pakai mentega)

1 sdm pasta mocca

Cara membuat :

  1. Kocok telur, gula, TBM hinga mengembang.
  2. Masukkan terigu dan maizena yang sudah diayak bertahap jangan sekali masukin semua. Aduk balik merata dengan spatula.
  3. Masukkan mentega cair, aduk rata. Pastikan nggak ada cairan mentega mengendap di bawah.
  4. Pisahkan 1/3 adonan, lalu campur dengan pasta mocca. Aduk rata.
  5. Siapkan loyang (saya pakai yang standar ukuran 18cm) yang telah dioles mentega dan ditaburi terigu. Tuang adonan putih dan mocca selang seling. Lakukan hingga adonan habis. Buat motif marmer dengan bantuan sumpit (kemarin saya pakai lidi saja, agak kurang maksimal).
  6. Panggang hingga matang.
  7. Sajikan

Hasilnya : Abang iyes, Athar no (lebih suka cake cokelat, hiks), Kei iyes. Saya mah hepi-hepi saja dong, karena resep kali ini berhasil. 😀 Mengembang sempurna, nggak keras, nggak bantat pula kayak kemarin.

Asli resep marble cake ini nggak ribet banget dah! Hasilnya yang ini, manisnya pas. Kalau pakai butter pasti enaknya lain, ya. Lembut juga.

Baca juga : Resep telur dadar tuna santan untuk si kecil

Duh, recomended banget dah bagi kamu yang lagi belajar baking agar cobain resep marble cake untuk pemula ini. Don’t worry, resep ini sudah lewati dua kali proses, jadi amanlah.

Nikmati sepotong marble cake, secangkir kopi sambil baca buku adalah kebahagiaan yang hakiki, yak. 😀

Selamat mencoba!

8 Comments

  1. Ria
    • ranny

Reply