Resep Telur Dadar Tuna Santan – Variasi Menu Untuk Si Kecil Agar Tidak Bosan

Bikin kreasi masakan untuk anak itu gampang-gampang susah. Sekali waktu, bikin resep A suka, eh bikin resep B nggak suka. Dan, akhirnya emaknya juga lah yang menjadi penampungan agar tidak mubazir dibuang. Layf!

Sebagai mama yang doyan masak, tentunya menemukan satu menu yang disukai anak harus bisa bikin lebih kreatif lagi agar mereka nggak bosan, betul nggak?

Kayak resep telur dadar. Nah, ini favorit anak-anak loh. Lahap banget mereka makannya kalau saya masakin ini. Selalu dirikwes untuk dimasak lagi, lagi dan lagi.

Masak resep telur dadar mah, gampang banget. Nggak perlu skill memasak yang mumpuni dah. Tapi, masa iya resep telur dadar itu-itu terus. Dalam artian, telur doang terus udah.

Di sini lah tantangannya, harus bisa kreatif bikin resep turunannya *halah udah macam matematika saja nih πŸ˜€ hehehe …

Kadang resep telur dadar dikombinasikan dengan daun bawang, tomat, bakso, terigu, air. Di lain hari, saya coba variasi dengan menambahkan kentang goreng yang dihaluskan. Dijamin anak-anak tetap suka! Yaiya tho, dasarnya kan resep telur dadar apapun variasi tetap mereka makan.

Ada satu permasalahan ketika masak resep telur dadar yang divariasikan dengan bahan lain, membaliknya agak susah! Perlu dua spatula agar telur dadarnya nggak pecah saat dibalik. Huft.

Dari sekian resep telur dadar yang sudah saya coba, ada satu resep yang menjadi favorit banget dan saya pun sukak, resep telur dadar tuna santan.

Apa bedanya?

Resep telur dadar kali ini saya tambahkan santan, ikan tuna yang sudah ditumis, porsi telur juga dibanyakin. Hasilnya? Ish, kayak pizza tuna loh! Gurih dan enak! Ciyusaan …

Biar nggak penasaran akan penampakan dan bahan-bahannya, yuk disimak resep telur dadar tuna santan ini!

Resep Telur Dadar Tuna Santan

By : Ranny’s Kitchen

resep telur dadar tuna santan3

Bahan-bahan :

4 butir telur ayam

100 ml santan (dibagi dua 80ml dan 20ml)

Β½ ekor ikan tuna (dikukus lalu disuwir halus)

1 buah wortel dipotong dadu kecil

Segenggam macaroni elbow, rebus hingga matang

1 buah jagung dipipil

Garam

Merica

Bumbu halus :

7 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Minyak goreng

Cara Memasak :

Resep telur dadar santan

  1. Kocok lepas telur di baskom, sisihkan.
  2. Rebus macaroni, wortel dan jagung barengan hingga matang.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ikan tuna yang sudah disuwir, tambahkan merica dan garam secukupnya, lalu tuangkan 20 ml santan. Diaduk hingga santannya susut. Matikan kompor.
  4. Campurkan tumisan ikan, wortel, macaroni, jagung dan santan 80 ml ke dalam baskom berisi telur. Aduk hingga rata. Tambahkan garam secukupnya.
  5. Panaskan Teflon. Tuang 2 sdm minyak goreng.
  6. Tuangkan campuran telur, lalu tutup.
  7. Masak dengan api yang kecil, bisa dilihat difoto.
  8. Selagi bagian bawah udah agak matang, tusukkan garpu agar matangnya sempurna di bagian tengah. Tutup lagi.
  9. Jika bagian samping sudah kecokelatan, matikan kompor.
  10. Jangan langsung dipotong, diamkan sampai 15-20 menit lalu sajikan.

*Catatan :

– Kunci masak telur dadar ini ada di api, jadi perhatikan apinya jangan terlalu besar.

– Saat bagian samping sudah kecokelatan, bagian atas minyak agak mengumpul gitu. Itu nggak masalah, biarkan saja karena nantinya akan kering sendiri.

– Sekali lagi, biarkan hingga set bener baru dipotong. Kalau perlu tunggu hingga 20 menit. Bagian atasnya bakal cakep kelihatan.

– Untuk santan saya pakai yang kental alias diperasan pertama. Saya beli kelapa parut harga lima ribu saja sih di pasar untuk bikin ini. Santan kental sangat disarankan untuk resep ini.

Resep telur dadar tuna santan ini di sesi kedua baru benar takarannya, dan tampilannya. Di awal masak resep ini, saya nggak perhatikan api jadi mau gosong lah bagian bawah, terus saya bingung gimana baliknya soale tebal banget.

Resep telur dadar tuna santan1

Di percobaan kedua lah, saya perhatikan api, teflon mesti ditutup, ditusuk dengan garpu agar matang sempurna dan didiamkan dulu agar set semua. Yeah, inilah proses kreatif dalam menciptakan resep baru, nggak sekali jadi. πŸ˜€

Resep telur dadar tuna santan ini nggak mudah hancur loh walau tidak ditambahkan terigu. Tebal dan padat!

Semoga resep telur dadar tuna santan ini bermanfaat ya untuk mama-mama yang sudah pusing mau masak apalagi untuk si kecil. πŸ˜€ Untuk dimakan sendiri juga enak, tinggal ditambah sambal atau saos tomat, endeus loh!

Semangat selalu, ya! Jangan pernah berhenti berkreasi.

Selamat mencoba!

9 Comments

Reply