Asam Lambung Itu Beda Loh Dengan Maag! Yuk, Kenali Asam Lambung Lebih Jauh Lagi

Asam Lambung

Asam lambung itu beda loh dengan maag!

Pernah sekali waktu, sehabis makan perut saya nggak enak. Seakan ada balon di dalam perut yang mengempis, terasa diremas lalu mengeluarkan gas perlahan-lahan melalui kerongkongan. Ini berlangsung agak lama, dan bikin saya nggak nyaman! Saya berulang kali minum air putih untuk meredakan nggak nyaman di perut. Tapi, kerongkongan pun nggak henti mengeluarkan gas. Rasanya pengin banget mengeluarkan gas yang agak β€˜besar’ biar perut ini terasa lega. *hiks*

Ternyata apa yang saya alami itu bukanlah gejala maag melainkan gejala kembung. Nah, seringkali ya kita mengansumsi apa yang terjadi di perut dalam artian kembung, atau nggak enak itu sebagai sakit maag. Stigma yang berkembang selama ini maag = asam lambung. Big No No! Harus bisa mengoreksi pemikiran itu. Apa yang saya alami itu bisa jadi kadar asam lambungku sedang meningkat.

Saya pun mencoba mencari tahu, apa sih asam lambung, penyebab, gejala, obat dan cara mengatasinya. Biar kita nggak salah kaprah lagi antara asam lambung dan maag. Sehingga, ketika mengalami gejala-gejalanya, kita bisa mengatisipasi dengan obat yang tepat.

Baca juga : Yuk, Ma lebih peduli lagi dengan kesehatan saluran cerna anak kita!

Asam Lambung Itu..

sakit perut
Asam lambung adalah cairan dalam saluran pencernaan yang dibentuk dalam lambung, dengan kadar pH 1,5-3,5 (asam) yang terdiri dari HCl (asam hidroklorida), KCl (kalium klorida) dan NaCl (Natrium Klorida). Asam ini berfungsi untuk mencerna protein dan mengativasi protein enzim-enzim pencernaan.

Ternyata nih, asam lambung sangat dibutuhkan dalam membantu proses pencernaan. Tanpa adanya asam lambung, makanan nggak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita nggak dapat diserap dengan baik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kadar asam lambung yang seimbang dalam tubuh.

Kondisi Lambung Yang Sehat Itu..

sakit

Lambung yang sehat yaitu lambung yang nggak mengalami iritasi. Artinya, cairan lambung mengandung mukus yang merupakan faktor perlindungan lambung. Sebaliknya, lambung yang nggak sehat adalah lambung yang telah mengalami iritasi atau peradangan, sehingga terasa sakit saat mencerna makanan.

Ketika Asam Lambung Terganggu

sick

Saat asam lambung diproduksi berlebihan, cairan lambung dapat mengalami reflux atau mengalir ke kerongkongan. Kondisi ini dikenal dengan istilah populer asam lambung naik, atau istilah medisnya GERD (gastro esophageal reflux disease).

Beda Antara Asam Lambung dan Maag

woman

Meski penyebabnya sama, yaitu kadar asam lambung yang meningkat, GERD sedikit berbeda dengan penyakit maag, yang baisa dikenal sebagai gastritis (radang lambung). GERD biasanya menimbulkan rasa terbakar di bagian dada. Sebab, cairan lambung yang naik nggak hanya sampai ke kerongkongan, tapi bisa sampai ke mulut. Sedangkan penyakit maag atau iritasi atau peradangan lambung, hanya terjadi di lambung serta organ dan saluran cerna atas pada perut.

Gejala Asam Lambung

sick

Gejala umum yag muncul pada penderita asam lambung naik yaitu rasa perih yang hebat pada lambung. Karena nyeri tersebut, penderita sering merasa mual dan muntah kering, yang terkadang menyebabkan tenggorokan dan mulut ikut terasa perih dan panas.

Selain itu, dada juga terasa nyeri panas seperti terbakar (heartburn). Kadang-kadang, nyeri ini juga dirasakan seperti tekanan, sehingga sering disalahartikan sebagai nyeri jantung (serangan jantung). Gejala ini biasanya dirasakan penderita setelah makan dan saat penderita tidur. Gejala lainnya yaitu sulit menelan, sering sendawa, batuk kronis dan radang tenggorokan.

Penyebab Seseorang Menderita Gangguan Asam Lambung

thinking

Tiap orang memiliki sensivitas asam lambung yang berbeda-beda, tergantung dari pola makan dan gaya hidup. GERD tidak mengenal kelompok usia dan bisa menyerang siapapun. Tapi, paling banyak diderita oleh mereka yang berusia 30-40 tahun. Seiring dengan pertambahan usia, produksi saliva (air liur) yang dapat membantu penetralan kadar pH pada esofagus (kerongkongan) juga kaan berkurang.

Gaya Hidup Seperti Apa Sih Yang Memicu Naiknya Asam lambung?

no smoking

Merokok nggak hanya merusak paru-paru, tapi semua organ dalam tubuh, termasuk lambung. Jadi, kebiasaan merikok tentunya akan memperparah kondisi seseorang yang sudah memiliki masalah pada lambungnya. Selain itu, sering terlambat makan, makan dalam jumlah berlebihan, makan sambil tiduran, atau tidur kurang dari 2-3 jam sesudah makan, juga dapat memicu gangguan asam lambung.

Obat Yang Bisa Dikonsumsi Untuk Meredakan Asam Lambung

obat

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara memberikan obat golongan prokinetik (berfungsi meningkatkan gerak otot lambung sehingga asam lambung dapat lebih cepat masuk ke dalam usus) dengan dosis yang nggak terlalu kuat. Apabila nggak berhasil dengan obat itu, dapat diberikan obat penekan sekresi asam yang lebih kuat dengan masa terapi PPI (penghambat pompa proton) yang lebih lama.

9 Tips Ini Bisa Membantu Meredakan Asam Lambung

sehat

Hal yang utama dilakukan untuk mengatasi asam lambung ini dengan merubah gaya hidup kita loh! Nah, ini ada 9 tips untuk membantu meredakan asam lambung.

  1. Meninggikan posisi kepala pada saat tidur serta menghindari makan sebelum tidur dengan tujuan untuk meningkatkan bersihan asam selama tidur serta mencegah reflux asam dari lambung ke esofagus.
  2. Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol, karena keduanya dapat menurunkan kerja tonus spincter esofagus bagian bawah. Tonus spincter berguna untuk menghalau asam lambung dari kerongkongan.
  3. Mengurangi konsumsi lemak serta jumlah makanan yang dimakan. Karena, makan terlalu banyak dapat menimbulkan distensi lambung (lambung yang mengembang).
  4. Menurunkan berat badan pada mereka yang kegemukan, serta mengindari pakaian ketat sehingga dapat mengurangi tekanan pada perut dan abdomen.
  5. Menghindari makanan yang mengandung banyak gas dan terlalu banyak serat, misalnya kol, brokoli, durian dan nangka.
  6. Menghindari makanan yang sulit dicerna, juga makanan yang digoreng dan berlemak, karena dapat memperlambat pengosongan lambung.
  7. Menghindari minuman bersoda, kopi, teh dan citrus karena dapat menstimulasi sekresi asam.
  8. Menghindari obat-obat yang dapat menurunkan kerja tonus spincter esofagus bagian bawah seperti diazepam, teofilin, progesteron, opiat dan lainnya.
  9. Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti nasi, roti, kentang atau pisang.

Baca juga : Minuman sehat untuk anak

See, ternyata selama ini saya juga salah mengartikan antara maag dan asam lambung. Ternyata asam lambung ini sangat kompleks ya dan sangat erat hubungannya dengan gaya hidup kita. Gejalanya pun nggak main-main, apalagi sampai heartburn wah kakak sahabat saya pernah alami selama mengandung, sakitnya amit-amit. Jadi, bisa dikatakan asam lambung ini lebih berbahaya ketimbang maag. Untuk mengatasinya juga ternyata dengan merubah gaya hidup kita.

Percaya deh, semua tergantung dari niat kita untuk hidup sehat. Mengubah gaya hidup nggak akan bikin kita nggak ketinggalan tren kok. Semua demi kesehatan kita.

Stay health, ya temans!

57 Comments

  1. Emi hariati
  2. ilmo
    • ranny
  3. Inna Riana
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  4. DollyPR
    • ranny
  5. Lia
    • ranny
    • ranny
  6. Ety Abdoel
    • ranny
    • ranny
  7. Usup Supriyadi
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  8. Hastira
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  9. Siti mudrikah
    • ranny
    • ranny

Leave a Reply to andyhardiyanti Cancel reply