7 Aplikasi Edit Foto di Ponsel Untuk Foto Produk yang Menarik dan Menjual

Hola, apa kabar nih? Semoga semua sehat selalu, ya. Walau sudah bosan di rumah dan rindu hidup normal, tetap bertahan ya untuk #dirumahaja dulu agar rantai penularan covid19 terputus.

Bhaiqlah, kali ini saya pengin membahas tentang aplikasi edit foto di ponsel yang sering saya pakai untuk mengedit foto produk.

Tentang hal ini ada beberapa teman yang pernah menanyakan, sayang saja sih nggak dijadiin konten di blog yekan. ๐Ÿ˜€ Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lagi memulai usaha atau belajar motret terus bingung mau ngedit pakai aplikasi apa.

Sebelumnya, saya hanya ingin sekilas saja membahas ya bahwa edit foto ini ada di bagian terakhir dari proses menghasilkan foto produk. Saya pernah membahas tentangย tips motret makanan dengan kamera ponsel, juga teknik memotret foto produk, silahkan klik di link tersebut.

Bagi saya, mengedit foto itu sebuah โ€˜seniโ€™ untuk membuat foto kita lebih stand out. Tiap orang memiliki โ€˜feelโ€™ yang berbeda dalam mengedit foto. Dan ini membuat ciri khas tersendiri akan foto kita.

Selama saya motret foto produk untuk klien, aplikasi edit foto di ponsel sungguh sangat membantu. Saya bisa mengedit dengan cepat untuk diunggah ke feed Instagram saya. Pun, untuk feed Instagram klien.

Penasaran aplikasi edit foto di ponsel apa saja yang saya sering gunakan? Cuss, disimak sampai habis!

Inilah 7 aplikasi edit foto di ponsel untuk menghasilkan foto produk yang menarik dan menjual

1.ย Adobe Lightroom

Ini adalah aplikasi yang ngehits setahun belakangan ini!

Untuk yang berkutat di bidang desain mah ini bukan yang baru, tapi untuk netijen pada umumnya, ini adalah aplikasi edit foto di ponsel yang kekinian.

Adalah preset yang membuat aplikasi edit foto ini banyak diunduh oleh netijen. Preset ini membuat foto menjadi lebih menarik dengan berbagai tone. Feed Instagram pun lebih estetis dan enak dilihat. Tak heran bukan kalau Adobe Lightroom CC ini jadi favorit.

Bagi saya, aplikasi edit foto di ponsel ini lengkap!

Fiturnya lengkap loh, bisa juga mengolah file foto RAW, bisa pula memotret langsung dari aplikasi. Ini adalah aplikasi foto di ponsel yang sering banget saya gunakan. Nggak hanya itu, fitur seperti hue, saturasi, laminasi juga ada di aplikasi ini.

Ada beberapa fitur seperti healing, selective yang nggak bisa diakses free, harus dibeli dulu.

2. VSCO Cam

vsco

To be honest, ini adalah aplikasi edit foto di ponsel yang pertama kali saya pakai.

Saya menjadi pengguna aplikasi ini sekitar lima tahun lalu. Kala itu saya sungguh tertarik dengan unggahan foto teman-teman di luar negeri yang terlihat sangat warm namun tajam.

Saya pun mengunduh aplikasi edit foto di ponsel ini, hasilnya memuaskan.

Kelebihannya, ada beragam filter yang bisa dikombinasikan, diedit lagi untuk disesuaikan selera. Namun, untuk fitur editing tidak selengkap Adobe Lightroom.

Untuk mengakses filter lain, kamu harus membeli per filter.

3. Snapseed

snapseed

Ini adalah aplikasi edit foto di ponsel yang gratis dan lumayan lengkap!

Mau edit bright, contrast, vignette di beberapa titik bisa loh. Mau hilangin beberapa bagian? Bisa! Mau nambahin foto lain pun bisa.

Yang agak nggak bikin sreg bagi saya adalah font bawaan. Agak nggak bisa berkreasi dengan template yang sudah ada.

4. PicsArt

picsart

Aplikasi edit yang satu ini menurut saya lebih untuk ke hal kreatif. Memang sih fitur editing kayak brightness, contrast, edit video hingga font pun ada. Tapi, nggak selengkap Adobe Lightroom maupun Snapseed.

Font yang disediakan standar saja, mau akses font lain harus beli.

Kekurangan aplikasi edit foto ini yang malesin adalah banyak iklan! Hehehe…

5. Lensa Distorsi

lens distorsions

Lens Distortions adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan efek distorsi lensa yang rapi di mana pada umumnya bisa didapatkan lewat kamera.

Kalau saya menyebutnya, aplikasi ini membuat cahaya โ€˜haluโ€™. Hehehe … Tapi, hasilnya bikin foto produknya lebih menarik loh!

Nggak hanya cahaya tapi juga ada efek fog, shimmer, rain, snow yang bisa membuat foto nature, atau street photography kamu menjadi lebih menarik.

Ada sedikit tips dari saya, kalau mau gunakan aplikasi ini, usahakan tempatkan cahaya dari asal cahaya. Jadi, jika cahaya foto dari kanan ya tempatkan cahaya aplikasi ini di kanan, jangan melawan arah. Terus, diukur untuk cahayanya jangan terlalu berlebihan sehingga objeknya nggak stand out lagi.

6. Phonto

phonto

Menyukai tipografi untuk foto? Kalian harus unduh aplikasi edit foto di ponsel yang satu ini!

Saya cinta banget aplikasi ini untuk membuat tulisan di foto maupun watermark.

Untuk variasi font bisa loh kamu tambahan dari website dafont ke aplikasi. Asli, tampilan foto kamu akan lebih menarik!

Tips: jangan pernah gunakan lebih tiga font dalam satu foto. Tiga font itu maksimal banget, usahakan dua saja. Dan belajar untuk mengkombinasikan font juga agar foto kamu itu menarik bukan menjadikannya nggak enak dilihat.

7. Canva

canva

Aplikasi edit foto sejuta umat namun sangat dicintai!

Sebagai fotografer sekaligus mengelola konten media sosial, saya sangat merekomendasikan aplikasi ini untuk tampilan feed Instagram kamu lebih menarik. Apalagi feed jualan!

Bantuan Canva ini sangat membantu loh dalam hal desain. Kamu bisa membuat moodboard, menentukan template untuk feed Instagram. Nggak hanya itu, di Canva banyak template Instagram Story yang sangat menarik.

Lalu Mak, gimana cara mengedit foto?

Ini kalau dibahas bakal ada satu artikel hehehe, tapi tenang saja, ini sering kok saya sharing di Instagram Story saya, cek aja di highlight IGs BTS. Di situ kamu bisa lihat behind the scene saya motret, hingga cara saya mengedit foto. Lengkap!

Nah, di beberapa aplikasi foto edit di atas ada saya sebutkan fitur premium, emang penting gitu beli yang berbayar?

Fitur premiun dan hasil foto

Nggak ada salahnya membeli fitur premium di aplikasi edit foto.

Saya sudah pernah beberapa kali membeli fitur premium di beberapa aplikasi dan sangat berguna!

Contohnya, saya pernah membeli filter di VSCO Cam dan hasil fotonya ya lebih variatif. Kala itu saya sampai membeli beberapa filter loh. Sayangnya saya ganti ponsel dan entah kenapa nggak muncul lagi filternya. Hiks.

Bagi saya, untuk kamu yang menggeluti dunia fotografi khususnya motret foto produk, memiliki usaha, kerja di dunia digital marketing, fitur premium itu harus dimiliki. Nggak semua aplikasi, tapi pilih aplikasi yang paling sering digunakan.

Sayangnya, banyak orang yang terkendala membeli fitur premium ini karena mesti memiliki kartu kredit.

Tapi, sekarang ini kamu nggak perlu khawatir loh karena bisa membeli fitur premium menggunakan GoPay. Iya ciyusan pakai akun GoPay yang kamu miliki.

Apa sih kelebihan menggunakan GoPay untuk membeli aplikasi Google Play atau layanan premiumnya?

Menurut saya, memakai GoPay itu lebih memudahkan, hanya sekali aktivasi, sedangkan kalau memakai kartu kredit harus ada otentifikasi terlebih dulu. Nggak ada admin fee juga plus selalu ada promo.

Cara membeli fitur premium melalui aplikasi dengan GoPay

Untuk membeli fitur premium di aplikasi edit, terlebih dulu kamu harus mengaktifkan GoPay di akun Google Play.

cara aktivasi gopay di google play
  1. Masuk ke Google Play Store dan klik metode pembayaran
  2. Pilih tambahkan GoPay
  3. Klik lanjut
  4. Masukkan PIN Gopay
  5. Yiaay sekarang kamu bisa gunain untuk membeli fitur premium atau beli aplikasi di Google Play

Keuntungan mengaktifkan GoPay di Google Play :

  • Bisa top up game
  • Beli aplikasi di Google Play
  • Membeli fitur premium lewat aplikasi
  • Ada beragam promo Google Play

Benar-benar memudahkan banget dengan adanya GoPay sebagai metode pembayaran di Google Play.

Nah, berikut saya ingin berbagi langkah-langkah membeli fitur premium di Adobe Lightroom CC

fitur premium LR
  1. Klik healing (karena saya ingin membeli fitur ini)
  2. Klik upgrade to premium
  3. Klik see all plan options
  4. Ada pilihan monthly dan yearly, pilih sesuai kebutuhan lalu lanjut klik buy now
  5. Nanti akan muncul kotak, pilih metode pembayaran, pilih GoPay
  6. Klik subscribe
  7. Verify pasword
  8. Terus akan muncul payment successful, nah pilih yes, always. Agar tiap perpanjangan minta izin dulu nggak langsung dipotong dari GoPay.
  9. Fitur premium pun bisa digunakan

Sewaktu mau membeli fitur premium di Lightroom pakai GoPay, ternyata saya mendapatkan diskon promo Google Play loh. *Yiaaay.

Harga per bulan 28k, saya bayarnya 23k saja. Lumayan banget!

Saya hepi banget sudah ada opsi GoPay gini di Android, saya dengan mudah bisa manage apa saja yang mau dibeli tanpa repot menggunakan kartu kredit.

Sekarang nggak ada alasan lagi tidak bisa membeli fitur premium, ya. Apalagi GoPay selalu ada promo Google Play tiap bulannya, jadi sangat membantu usaha kita sebagai fotografer maupun pelaku usaha.

Semoga artikel ini membantu kamu yang mau mencari aplikasi edit foto di ponsel juga pengin membeli fitur premium di aplikasi maupun Google Play tapi bingung caranya. ^^

Anyway, ada nggak yang memakai salah satu aplikasi di atas? Atau mencoba membeli aplikasi di Google Play pakai GoPay? Share dong ceritanya di kolom komen.

Stay safe, stay healthy and stay at home, ya.

37 Comments

    • ranny
    • ranny
  1. RACHMANITA
    • ranny
    • ranny
  2. Uli
    • ranny
        • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply