#34weeks

Tak terasa kehamilan saya udah menginjak usia 34 minggu atau 8 bulan lebih. Perkiraan dokter HPL (hari perkiraan lahir) 9 Februari nanti, untuk berat si kiddo udah 2,5 kg. Perasaan dag dig dug, takut, seneng udah bercampur jadi satu. Pengen rasanya cepat-cepat lahiran, biar bisa meluk-meluk dan cium si kiddo, biar gag rasain ini pegel-pegel yang membahana badai tak henti-henti -_-". Semenjak bulan-bulan sebelumnya, gerak kiddo sangat aktif. Dan sekarang karena udah terbentuk sempurna fisiknya jadi kalo kiddo nendang dan tangan diletakkin diatas perut,berasa banget itu kakinya. Ada semacam aliran yang mengalir saat merasakan tendangannya,sebuah aliran kebahagiaan.

Jika ditanya apa yang dirasakan saat menginjak 34 minggu, yang pasti perut tambah gendut, udah mulai ngos-ngosan, kaki mulai bengkak, pegel di pinggang belakang yang gag bisa dikatakan sakitnya, ditambah pegel di pangkal paha, belum lagi kalo mau buang air kudu di kloset duduk tapi manjanya teteup lancar jaya *emang dasar dari orok yah hehehe*, posisi tidur yang serba salah, mau miring kiri atau kanan si kiddo nendang terus *_*. Bener-bener klop dah. Untuk urusan ngidam udah gag, tapi terkadang ada juga pengen makan ini itu *dasar bumilnya rakus kali ya* hehehe. Ya namanya bumil itu, perutnya seperti kantong ajaib doraemon, muat apa aja!! Hehehe

Sekarang udah gag sendirian lagi kalo ditinggal abang kerja dan dinas,karena mama udah ada. Rumah pun terasa seperti kamp militer, karena WAJIB hukumnya jalan tiap pagi dan sore. Kalo gag, pasti akan diceramahin panjang kali lebar kali tinggi -_-". Mengingat akan melahirkan, jadi ada baiknya tidak membantah kata mama, tar susah deh lahirannya. Tak hanya untuk melahirkan saja yah, tapi emang dilarang membantah kata mama :D. Untuk soal makanan, mama memang juara!! Tiap hari sayur pasti hadir di meja makan, sayuran yang dipilih pun berwarna hijau dan rata-rata disajikan dengan cara direbus.

Sedikit berbagi info perkembangan janin,  gejala dan keluhan ibu hamil beserta tips mengatasi untuk kehamilan 8 bulan yang saya ambil dari Panduan Lengkap Kehamilan dan Tumbuh Kembang Anak oleh Nutrimax.

*Perkembangan Janin :

Janin telah mencapai ukuran yang setara dengan ukuran siap dilahirkan, saat ini janin memasuki tahap akhir pembentukannya, lapisan lemak menebal, tulang mengeras, jari tangan dan kaki mengepal, mata telah mampu merespon cahaya, pendengaran telah terbentuk sempurna. Beratnya telah mencapai minimal 1,6kg, panjang 42cm.

*Gejala dan Keluhan Ibu :

Tubuh ibu mulai mengumpulkan energi untuk persalinan, kandungan yang semakin membesar semakin menekan paru-paru menyebabkan ibu bernafas tersengal-sengal, ibu pun sulit berkonsentrasi dan mudah lupa, kecemasan karena memikirkan persalinan membuat ibu sulit berkonsenstrasi.

*Tips Mengatasi :

Bila ibu sulit bernafas, duduklah tegak, saat berbaring angkat kedua lengan ke atas kepala. Untung meningkatkan konsentrasi, seringlah membaca, disarankan untuk membaca buku tentang kehamilan dan persalinan untuk mengurangi kecemasan ibu. Lakukan refreshing, manjakan diri anda, rekreasi untuk mengurangi stres.

Semoga sharing info di atas bisa bermanfaat untuk semua bumil. Untuk para bumil, semoga kita semua dilancarkan yah sampai persalinan. Tetap mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin jalan pagi.

Posted with WordPress for BlackBerry.

10 Comments

  1. chandra
  2. afni rustam
  3. ranny
  4. ranny
  5. Mayya
    • ranny
  6. eva
    • ranny
  7. Lidya
    • ranny

Reply