3 Tips Feng Shui Untuk Menata Kamar Tidur Agar Lebih Sehat dan Nyaman

Kalian percaya nggak dengan feng shui? Kalau saya sih iyes.

Kenapa saya percaya? Karena feng shui ini adalah ilmu bukan sebuah aliran kepercayaan. Dan saya percaya bahwa semesta ini merupakan suatu keseimbangan yang harus dijaga.

Bicara tentang feng shui, saya jadi ingat dengan almarhum Khong Ku (om Mama). Beliau salah satu pemuka agama Kong Hu Cu di Manado juga ahli feng shui.

Saat Mama dan Papa mau buka warung di rumah, Khong Ku datang untuk melihat posisi ruangan, di mana sebaiknya peletakkan rak-rak. Selagi melihat posisi ruangan, Khong Ku juga menyusuri ruangan lain di rumah. Dan saat itu posisi pintu utama dan tengah segaris, Khong Ku pun meminta agar posisi pintu diubah jangan segaris.

Alasan mengapa nggak bisa segaris antara pintu utama dan tengah adalah aliran energi nggak baik, rezeki akan mudah keluar.

Memang benar rezeki itu dari Sang Empunya Hidup ya, hanya saja nggak ada salahnya yes kita menyeimbangkan energi di rumah agar penghuni maupun tamu yang datang bisa nyaman dan kesehatan terjaga.

Baca juga : Cara menata rumah minimalis

Anyway, dari tadi ngomong feng shui, udah pada tau belum sih definisinya? 😀

Feng shui merupakan ilmu yang menyeimbangkan aliran energi di dalam lingkungan manusia untuk menciptakan manfaat dalam kehidupan. Menurut falsafah feng shui, batin dan lahiriah manusia saling bertautan dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Urusan feng shui ini juga seharusnya benar-benar harus dipahami oleh mereka yang baru membeli rumah dijual, karena jika salah menentukan posisi ataupun letak lay out rumah percaya atau tidak akan mempengaruhi keseimbangan dan dapat berdampak buruk terhadap penghuni rumah, contohnya seperti si pemilik rumah akan mudah terkena penyakit.

Salah satu bagian rumah yang tidak luput diatur adalah kamar tidur. Area privat ini merupakan lokasi favorit bagi setiap pemilik rumah untuk bisa beristirahat setelah lelah seharian beraktivitas.

Nah, agar kamar tidur kamu dapat berfungsi optimal dan dapat membuat kondisi penghuninya selalu dalam keadaan sehat, berikut ini adalah tips feng shui untuk menata kamar tidur yang sehat.

  1. Plafon Kamar Tidur
tips feng shui menata kamar

Tips feng shui dalam menata kamar : perhatikan plafon kamar tidur

Plafon atau langit-langit kamar tidur yang baik adalah plafon yang rata. Plafon yang tidak rata dan tepat di atas tempat tidur tidak baik untuk kesehatan dan kenyamanan Anda karena energi chi yang dapat turun dan masuk langsung ke tubuh Anda. Energi chi yang terus menerus masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit.

  1. Lokasi Tempat Tidur
tips feng shui untuk menata kamar

Tips feng shui untuk menata kamar : posisi tempat tidur

Tempat tidur yang baik tidak menghadap pintu masuk atau pintu kamar mandi.

Kamu harus menghindari garis imajiner dari pintu masuk dalam menentukan lokasi tempat tidur. Hal ini dikarenakan energi chi buruk bergerak lurus, sementara energi chi baik bergerak berputar.

Akan tetapi, jika kamu tidak dapat mengubah lokasi tempat tidur karena alasan keterbatasan ruang, pastikan untuk selalu meninggalkan kamar dengan keadaan pintu tertutup.

  1. Posisi Kepala Tempat Tidur
tips feng shui untuk menata kamar

Tips feng shui untuk menata kamar : posisi kepala tempat tidur

Posisi kepala tempat tidur yang baik adalah menempel sejajar dengan dinding yang kokoh.

Pastikan kepala tempat tidur benar-benar menempel dan tidak menyisakan ruang kosong antara dinding dan kepala tempat tidur. Posisi kosong di antara dinding dan kepala tempat tidur dapat menjadi ruang gerak energi chi. Padahal saat tidur energi chi yang dibutuhkan adalah energi chi yang diam agar tidur kamu nyenyak.

Adapun kepala tempat tidur yang dekat dengan jendela juga perlu kamu hindari. Jika sudah terlanjur kamu dapat memasang penutup jendela yang terlihat seperti dinding. Kamu dapat menggunakan penutup kayu atau gorden yang berbahan berat.

Beberapa hal di atas merupakan feng shui dasar mengenai kamar tidur yang harus kamu ketahui demi kesehatan dan kenyamanan tidur. Adapun beberapa hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah terkait posisi cermin, layar TV, atau monitor komputer.

Pastikan kamu tidak menempatkan cermin, layar TV, atau monitor komputer dengan posisi menghadap tempat tidur.

Baca juga : 9 Tips memilih artwork agar rumah tampak lebih menarik

Eits, warna cat juga berpengaruh, jangan sampai salah pilih warna, ya. Untuk kamar sebaiknya pilih warna kalem seperti pastel atau warna netral seperti putih-beige. Ini fungsinya untuk memberikan kesan adem, nyaman dan energi positif.

Sebaliknya hindari memilih warna cat kamar dengan warna ngejreng seperti merah, oranye maupun hitam. Karena, membuat yang menempatinya tidak nyaman dan memberikan energi negatif.

Semoga tips feng shui menata kamar tidur yang sehat ini berguna ya. Apalagi untuk kamu yang baru abis pindahan atau pengin mengganti suasana kamar. Bisa banget tips feng shui menata kamar ini diterapkan.

Kalau kamu pernah nggak menerapkan tips feng shui dalam menata rumah? Mau dong sharingnya di kolom komen.

Tags:

20 Comments

  1. H
  2. Reema Mifta

Reply