Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Berobat!

Zaman semakin maju dan canggih. Semua bidang pengetahuan pun mengalami kemajuan pesat. Berbagai inovasi terus dikembangkan untuk kemaslahatan manusia. Di bidang kedokteran, penemuan obat-obatan untuk beragam penyakit, memberikan secercah harapan hidup bagi para penderita. Termasuk penyakit Tuberkulosis.

Selama ini dogma yang berkembang di masyarakat, penyakit TB tidak ada obatnya. Pasien TB sepertinya tidak punya harapan hidup. Tapi, seiring perkembangan teknologi dari para ilmuwan kedokteran, obat TB pun ditemukan.

Seringkali banyak yang berpikir bahwa obat TB itu mahal sehingga enggan untuk memeriksakan diri. Ternyata..

Ilustrasi TB2

Nah, dari ilustrasi di atas sudah jelas bukan bahwa obat TB itu GRATIS di puskesmas, rumah sakit pemerintah dan klinik. Kok bisa gratis? Obat TB gratis karena dibiayai oleh The Global Fund yang adalah organisasi khusus menangani masalah TB di negara-negara maju, salah satunya Indonesia yang masuk dalam daftar 5 besar negara yang memiliki banyak pasien TB. Pasti pada bertanya, bagaimana proses pemeriksaan, lama atau cepat? Atau harus nunggu ini-itu?

Bagan TB 4Ilustrasi : www.hujanpelangi.com

See, gampang bukan jika ingin memeriksakan diri jika merasa ada gejala TB. Setelah ada hasil laboratorium, dokter akan memberikan obat. Obat TB antara lain : Rifampisin, InH, Pirazinamid, Etambutol. Dokter akan memberikan obat tersebut dengan dosis tertentu. Jika obatnya sudah habis, pasien wajib untuk ke dokter lagi karena pengobatan akan dilakukan selama 6 bulan.

Sangat disarankan peran aktif dari anggota keluarga untuk kesembuhan pasien TB. Peran dalam hal ini untuk mendorong pasien untuk rutin berobat dan minum obat. Jika obat diminum secara teratur, kesehatan pun akan berangsur membak. Intinya gini, deh, kunci utama kesembuhan yaitu niat mau sembuh dan rutin minum obat. Apabila obat yang diminum terhenti sehari saja, kan harus mulai dari awal lagi, otomatis waktu penyembuhan semakin panjang. Selain itu efeknya pun semakin melebar, pasien akan mengalami Tuberkulosis Multi Drug Resistant (TB-MDR).

Jadi, tak ada alasan lagi dong untuk tidak berobat! Singkirkan pemahaman bahwa obat TB itu mahal, obat TB GRATIS dan GRATIS berobat di mana saja! Sebarkan informasi ini agar saudara, teman dan tetangga mengetahuinya dan segera berobat.

**

Referensi :

www.tbindonesia.or.id

www.depkes.go.id

12 Comments

  1. ranny
    • ranny
  2. Keke Naima
    • ranny
  3. Amir
  4. Amir
    • ranny
  5. Nia Haryanto
    • ranny
  6. kakaakin
    • ranny

Reply