The Place Where I’ve Always Back

cerita di balik blog

“Ran, mau gak dibikinin blog?”

“Hah, blog, apa itu?”

“Blog itu semacam diary online, kamu kan suka nulis. Nah blog ini lagi tren sekarang.”

Saya tanpa mikir panjang langsung mengiakan tawaran teman tadi. “Oke.”

“Sip, nanti aku bikinkan, ya. Blognya mau nama apa?”

Saya pun mikir lagi. “Bagaimana kalau dearest-blue saja, mirip ID YM! Hehehe..”

“Oke, nanti kalau sudah kelar, aku kabarin, ya.”

Percakapan singkat via chat di YM! 2003 silam masih tertancap jelas di memori otak ini. Leo, teman baik saya kala itu yang pertama kali mengenalkan dunia blog kepada saya. Tak lama berselang dari chat itu, blog saya pun jadi dengan desain simple ala princess. Hehehe sedikit alay memang, mengingat kala itu blog pertama yang memakai blogspot saya gunakan untuk curhat keseharian.

Karena kesibukan kuliah, akhirnya blog pun gak diurus dalam rentang waktu yang lama. Setelah pikir-pikir, saya pun ganti haluan untuk bikin blog baru. Tujuannya biar gak se-alay blog kemarin yang keseluruhannya berisi curcol hehehehe. Atas usul sahabat saya, Eva, nama blog menjadi rainy-fairy.blogspot.com , masih setia dengan blogspot. Nah, untuk blog kedua ini dibuat tahun 2006.

Di blog kedua ini, teman semakin banyak. Blogwalking sering saya lakukan dan jangan salah berawal dari blog hingga sekarang masih suka komunikasi dengan teman-teman blog dari zaman itu. Wah, pokoknya priceless banget! Kualitas tulisan pun tak melulu soal curhat, kadang saya menulis puisi, cerita, tips atau review buku dan film. Ternyata perbaikan kualitas tulisan saya berujung mendatangkan rezeki dari blog. Jangan salah, blog saya yang ini tembus PR 3 loh! Dan kala itu, lagi boomingnya Blogvertise, di sana hanya menerima blogger dengan blog PR 3. Excited? Banget kakaaa!

Peluang itu tidak datang sendiri tapi ciptakan peluang itu! Hal penting yang saya dapat dari dunia blog, bahwa kita harus bisa menciptakan peluang. Dengan cara apa?

  • Perbaiki kualitas tulisan, u can write what u want becos this is your blog, tapi ada kalanya kita harus perhatikan hal kecil seperti tanda baca, cara menceritakan dan tidak terlalu alay.
  • Minimal seminggu sekali update blog. Tak memungkiri, saya nih moody, tapi mengingat what i got, saya terpacu untuk update blog gak biarin banyak abu.
  • Menjalin silaturahmi ini penting loh, dari sana kita banyak networking, cerita, persahabatan.
  • Ikut komunitas yang sesuai dengan minat.

Simple, right? Hehehhe gak repot kok. Tapi, sayang sekali lagi saya kalah memerangi mood yang aduhai ini. HIBERNATE is the best way! Blog kedua ini pun vakum dan abunya mulai tebal.

Selagi masa hibernasi, saya pun menyesali kenapa harus kalah lagi dengan mood? Terbersit keinginan sejak lama yaitu pengin punya blog dotcom. And I decide to comeback! Saya pun membeli domain dan mulai merancang desain blog, untuk desain awal saya serahkan ke teman lama dari blogger Bertuah, Bang Mario Sanjaya. Puas! Domain sendiri dan desain khusus untuk saya. Desain kedua saya percayakan ke Maya dan akhirnya saya pun berlabuh di desain Mas Joddie kerjasama dengan Mas Ndop. Benar-benar RANNY BANGET! Headernya spesial dibikinkan Mas Ndop dengan keahlian vectornya, selebihnya semua mengikuti mau saya.

Sudah ada domain sendiri, desain sendiri, lalu harus kalah sama mood? NO WAY!! Dengan huruf kapital dan ditebali! Blog terakhir ini merupakan personal branding seorang Ranny. Saya mulai mengaktifkan segala social media yang dipunya untuk mensuport blog ini. Sekali lagi, kita harus ciptakan peluang, dan job pun datang lagi. Alhamdulilah. Semua harus dilalui dengan usaha, bukan? Job review pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Biar gini, udah pernah merasakan dibayar dengan USD, Rp, Euro hehehehe norak? Gak ah, ini suatu pencapaian atas peluang yang diciptakan. Saya pun mulai ikut lomba blog dan giveaway, alhamdulilah ada juga yang nyangkut walau yang gak nyangkutnya lebih banyak hahahahhaha lumayan dong daripada lumanyun! *lol*

Ikutan event salah satu hal yang menyenangkan selain menerima job review hehehehe secara di event itu banyak hal baru yang di dapat, apalagi goodie bagnya itu loh hahahaaha dan terutama merasa dihargai ketika diundang di satu launching brand *berasa artis gituh* *benerin hijab* 😀

cats2

Behind The Scene Ranny’s Blog

Wah ini sama saja membongkar dapur sendiri hahahaha… Saya yakin, teman-teman pun mempunyai cerita sama ketika ingin menulis blog, posting, hingga update. Kendalanya ada saja, terutama masalah koneksi. Demi masa, ingin sekali pinjam pintu doraemon trus numpang duduk di Central Park New York ketika mau posting blog dan blogwalking!! Asli internet di rumah tuh macam keong racun banget, sabar kudu dicharge dua kali lebih banyak. Ini dia masalah utama ketika ngeblog.

central-park-fallCentral Park, New York, rela deh seharian di sini hehehe

Cuma itu? Gak dong! Kudu nunggu anak tidur baru bisa lurusin kaki, ngemil dan ngetik. Itupun berlangsung dua jam di siang hari, sisanya nunggu anak tidur malam.

IMG_6187lupakan timbangan sejenak 😀

Ada lagi? Yoi kakaa.. Stuck mau nulis apa! Hahahah ini mah annoying banget deh, tapi serius ada kala mungkin kecapean, ngantuk, bikin gak bisa mikir. Mungkin saya perlu piknik! *kode ke suami* hehehehe

Jika ada deadline dari klien, saya tak segan minta waktu ke suami untuk sendiri di kamar bawah untuk menyelesaikan deadline.

Berusaha banget sekarang belajar photoshop untuk menunjang foto yang akan dipajang di blog, tak melulu copas dari google. Apalagi foto resep makanan, jungkir balik saya motretnya, tapi puas deh pakai foto hasil sendiri.

pie susufoto makanan kayak gini jungkir balik motretnya hehehe tapi senang dan puas pakai foto sendiri

Beranjak dari hal- hal tersebut, saya pun mulai menargetkan seminggu dua kali untuk posting blog di hari random, kalaupun sibuk dan capek seminggu sekali. Untuk menghindari kalah sama mood dan blog ini abunya tebal.

Satu hal lagi, saya terbiasa menulis di word dulu, lalu didiemin semalam, karena kadang kala ada saja yang ingin ditambahkan atau dikurangi, lalu diposting.

step 1

My Blog is The Place Where I’ve Always Back

Ini adalah tagline dari blog saya. Blog adalah rumah virtual saya. Selayaknya rumah, kemana pun kaki melangkan, entah beribu kilo pasti akan selalu pulang. Blog ini sudah menjadi bagian dari hidup saya, sulit untuk dilepas dan selalu ada hal yang membuat saya rindu untuk selalu pulang ke rumah virtual ini.

**

Giveaway Cerita di Balik Blog

Blogger quote

One Response

  1. HM Zwan

Reply