Pemanasan Global (Save Our Earth)

Akhir-akhir ini udara terasa sangat amat panas. Ga hiperbolis tapi emang kenyataan. Pagi-pagi matahari na kek menusuk banget layaknya matahari di jam 12, gw aja ampe pake payung kalo disuruh beli sesuatu di pagi hari. Malam juga kerasa panass banget, biar ada hujan tapi tetep ajah panas.. Oh bumi ada apakah gerangan??
IYah skarang lagi terjadi PEMANASAN GLOBAL.
Peneliti senior dari Center For International Forestry Research (CIFOR), DR. Daniel Murdiyarso, menjelaskan, pemanasan global adalah kejadian terperangkapnya radiaos gelombang panjang matahari (disebut pula gelombang panas atau gelombang inframerah) yang dipancarkan bumi oleh gas-gas rmah kaca (efek rumah kaca adalah istilah untuk panas yang terperangkap di dalam atmosfer bumi dan tidak bisa menyebar, Red). Gas-gas ini secara alami terdapat di udara (atmosfer).*
Gejala yang sangat kentara dari pemanasan global adalah berubahnya iklim. Contohnya, hujan deras sering datang, meski kini kita sudah memasuki bulan juni yang seharusnya sudah terhitung musim kemarau. Menurut Rizaldi, dalam 30 tahun terakhir, pergantian musim kemarau ke musim hujan terus bergeser, dan kini jaraknya berselisih nyaris sebulan dari normal.*
Kersusakan hutan di Indonesia bukan hanya menjadi masalah warga Indonesia, melainkan juga warga dunia. Chalid Muhammad, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), mengatakan Indonesia pantas malu karena telah menjadi negara terbesar ketiga di dunia sebagai penyumbang gas rumah kaca dari kebakaran hutan dan pembakaran lahan gambut (yang diubah menjadi pemukiman atau hutan industri). Jika kita tidak menyelamatkan mulai sekarang, 5 tahun lagi hutan di Sumatra bakal habis, 10 tahun lagi di hutan Kalimantan yang habis, dan 15 tahun lagi hutan di Indonesia ludes. Di saat itu, anak-anak kita tak lagi bisa menghirup udara bersih. *(sangat menyedihkan teman..)
Maret lalu, Greenpeace mengusulkan agar Indonesia dimasukkan ke dalam Guinnes Book of Record, sebagai negara dengan laju kerusakan hutan tertinggi di dunia. Usul itu sudah disetujui dan akan dimuat dalam buku Guinnes edisi 2008. Sungguh catatan yang memalukan!!!
Lewat blog ini aku ingin berbagi dengan teman-teman, agar kita bisa selamatkan bumi yang tercinta ini. DI bawah ini ada 20 cara praktis “mendinginkan bumi”.
1. Matikan listrik jika tidak digunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger hp dari stop kontak. Meski emisi tidak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit PLN menggunakan bahan bakar fosil penyumbang besar emisi.
2. Ganti bohlam lampu ke jenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya lebih mahal, lampu ini lebih hemat listrik dan awet.
3. Pilih alat elektronik model terbaru, misalnya setrika otomatis. Model terbaru umumnya lebih hemat energi.
4. Bersihkan lampu. Debu bisa mengurangi tingkat penerangan hingga 5%.
5. Pilih desain rumah yang memiliki cross-ventilation (lubang udara di posisi berhadapan), sehingga angin leluasa mengalir dan ruangan terasa sejuk.
6. Jika terpaksa memakai AC, tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu secukupnya, sekitar 21-24 C. Pengurangan suhu AC 1 derajat C setara dengan hemat biaya 5%.
7. Gunakan timer untuk AC, microwave, oven, magic jar dan lain-lain.
8. Alihkan panas limbah mesin AC untuk mengoperasikan water-heater.
9. Pilih warna terang untuk cat dan material bangunan, terang menangkis panas, gelap menyerap panas.
10. Tanam pohon sebanyak-banyaknya di lingkungan anda karena pohon menyerap emisi karbon, menyuplai oksigen, sekaligus meneduhkan.
11. Pilih baju berbahan ringan dan dingin. Sortir baju bagus anda, lalu ajak teman untuk barter. Aman lingkungan sekaligus hemat.
12. Jemur pakaian di luar. ANgin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin yang mengeluarkan emisi karbon.
13. Buka kulkas seperlunya. ATur suhu sesuai kebutuhan. Matikan kulkas bila akan ditinggalkan lama. Jangan masukkan bahan panas kerean akan memberatkan kerja kulkas. Beri jarak 15cm antara kulkas dengan dinding agar sirukualsi udara pada mesin berjalan lancar.
14. Atur tingkat panas setrika seperlunya sesuai bahan pakaian. Bersihkan bagian bawah setrika dari kerak, karena dapat menghambat panas.
15. Matikan monitor komputer bila akan rapat atau makan siang. Screensaver mengubah setting monitor menjadi selalu aktip menggunakan listrik.
16. Gunakan kendaraan umum. Jika memakai kendaraan sendiri, lakukan car-sharing dan car-pooling untuk semua mobilitas kegiatan.
17. Manfaatkan teknologi, misalnya membayar tagihan dan transfer uang secara on-line, sehingga anda tak perlu berkendara untuk pergi ke bank.
18. Hemat penggunaan kertas. Gunakan dua sisi kertas, di kantor maupun di rumah.
19. Say NO TO PLASTIC. Hampir semua sampah plastik menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar.
20. Pilih PRoduk Fashion dan kosmetik hijau. Saatnya menjadi komsumen yang cerdas. Berpohaklah pada produsen yang peduli lingkungan dan bumi dengan aksi nyata.*
Itu sedikit tips-tips untuk menjaga agar bumi tetep menjadi tempat yang terindah bagi kita semua. Teman sayangilah bumi kita ini… Bumi dah begitu sayang ma kita napa kita ga bisa sayang ma bumi… Semua juga demi kita semua, demi anak cucu kita kelan nanti.. Sedih banget aku meliahat bumi sekarang ini, rasanya ingin menangis.. Apakah kiamat sudah dekat? Just God know the answer…
SAVE OUR BELOVED EARTH…

*Sumber : Femina edisi 23

Reply