Kenali Dulu 7 Kandungan Anti Aging Ini Sebelum Membeli Produknya

Pakar dermatologis mengatakan, produk dengan kandungan anti aging sangat laku di pasaran sekarang ini. Dan saya mengaminkan!

Ya, gimana nggak menjadi produk paling dicari, rata-rata perempuan agak takut dengan yang namanya penuaan. Nggak mesti nunggu umur empat puluh tahun baru muncul kerutan di wajah, karena sekarang ini di usia akhir dua puluh pun ada yang sudah mengalami penuaan dini. *ambil kaca

Tingkat stres, level polusi, pola hidup yang nggak sehat adalah sebagian kecil yang menjadi pemicu terjadinya hal ini. So, nggak heran ya kalau produk dengan kandungan anti aging ini paling banyak dicari di pasaran.

Eniwei udah tau nggak apa anti aging itu?

Anti aging adalah proses mencegah penuaan pada wajah. Berbagai kemajuan di bidang kecantikan telah menemukan berbagai bahan anti aging yang digunakan di produk untuk merawat sekaligus mencegah penuaan.

Produk dengan kandungan anti aging yang laris manis di pasaran sekarang ini berupa toner, masker, serum, krim pagi-malam, eye cream hingga bodycare.

Bicara tentang produk anti aging, tentunya tak lepas dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Karena, berhasilnya sebuah produk (di mana penjualannya tinggi) tergantung juga dengan bahan-bahan yang diracik untuk menghasilkan sebuah anti aging.

Jadi, baiknya sebelum membeli produk anti aging, cari tau dulu bahan yang terkandung di dalamnya.

Inilah 7 kandungan produk anti aging yang bisa menjadi referensi kamu sebelum membeli produk.

1. Vitamin B

Kandungan anti aging yang satu ini lagi naik daun sekarang ini.

Fungsi utama dari vitamin B dan semua turunannya adalah sama, mengubah makanan menjadi energi untuk bahan bakar dalam proses vital tubuh, termasuk juga membuat kulit sehat dan kencang.

Itulah mengapa vitamin penting ini selalu ada di tiap produk perawatan kulit.

“Vitamin B dan semua turunannya sangat penting untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku,” ujar Joel Schlessinger, MD, dermatolog dari Omaha, Nebraska.

Jika, vitamin ini terkandung di salah satu produk perawatan kulit, setiap sel yang rusak akan mudah sembuh dan beregenerasi lebih cepat.

Dan Vitamin B yang paling sering ditemui di serum adalah niacinamide. Jadi, niacinamide ini salah satu bentuk vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat.

Saya pun memakainya! 😀 Beneran efeknya itu membuat kulit lebih sehat, bekas jerawat memudar juga jerawat cepat kempis.

Namun, apabila kamu ingin melengkapi krim/serum anti aging dengan yang alami, salah satu sumber vitamin B yang terbaik adalah pisang.

Contoh produk : The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%, Somethinc Niacinamide, Whitelab Toner Niacinamide + Collagen

Baca juga : Review face oil lokal untuk kulit berminyak dan berjerawat

2. Coenzym Q10 (COQ10)

Salah satu antioksidan yang berperan penting juga adalah koenzim Q10. Fungsinya, bisa membantu membangun pondasi yang dibutuhkan untuk kulit agar tampak lebih muda.

“Koenzim Q10 membantu melindungi jaringan elastis dan kolagen yang membentuk kuli,” jelas Jessica Wu, MD, asisten profesor klinis dermatologi di sekolah kedokteran Universitas Southern California.

Seiring bertambahnya usia, tingkat Q85 koenzim alami kita akan berkurang yang bisa memperlambat kemampuan kulit dalam meremajakan dan melindungi dari kerusakan.

Untuk membangun tingkat koenzim, banyak yang beranggapan bahwa selain menggunakan krim harian, mengonsumsi suplemen diet bisa memberikan hasil yang optimal.

Beberapa peniliti percaya bahwa koenzim Q10 juga bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Biasanya COQ10 ini bisa ditemui di moisturizer, eye cream, sunscreen, bodycare.

Contoh produk : Scentio whitening milk bath cream

3. Centella Asiatica

Takut akan keriput yang muncul di wajah? Coba deh produk dengan kandungan Centella asiatica.

Centella asiatica merupakan jenis tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Tanaman centella ini mengandung berbagai senyawa aktif seperti madecassic acid, asiatic, asiaticoside, madecassoside. Semua senyawa ini bisa membantu untuk meringankan iritasi juga mempercepat regenarsi kulit.

Dan krim anti aging yang mengandung centella asiatica lebih efektif memperbaiki lapisan epidermis kulit yang rusak sekaligus melembapkan.

Contoh produk : Toner Centella Asiatica Madagascar, CORSX Perfect Sebum Centella Mineral Powder, Nacific Fresh Cica Plus Clear Toner.

4. Teh Hijau

Bagi kamu pecinta teh hijau, berbahagialah. Karena teh ini sangat kaya akan nutrisi untuk kulit.

Khasiat penyembuhan dari daun redound menjadi fitokimia yang dikenal sebagai polifenol, sudah terbukti bisa memberi efek energi pada kulit yang menua.

Teh hijau juga merupakan antioksidan terbaik yang bisa membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan yang dilakukan oleh oksidasi.

Contoh produk :  COSRX Green Tea Aqua Soothing Gel Cream, Freeman Brightening Green Tea + Orange Blossom Peel Off Gel Mask, Viva Milk Cleanser dan Face Toner Green Tea.

5. Peptida

Karena hasil penelitian klinis yang berhasil, peptida menjadi semakin populer sebagai bahan perawatan kulit khususnya anti aging.

Peptida adalah rantai pendek asam amino.

Cara kerjanya, peptida akan memberi tanda pada kulit untuk menghasilkan kolagen yang penting untuk kulit kencang dan sehat. Peptida diyakini bisa merangsang produksi kolagen.

Contoh produk yang mengandung peptida : krim Age Corrector Series Erha, The Ordinary Buffet, Wardah Crystallure Supreme Advanced Eye Serum

6. Retinoid dan Retinol

Ini adalah kandungan anti aging yang paling ngehits sekarang ini! Ghelaa banyak yang cari loh, beberapa brand selalu sold out produk yang satu ini

Retinol dan retinod juga Retin-A adalah turunan dari vitamin A.

Retinoid dan retinol mempercepat dan merangsang perputaran sel juga produksi kolagen untuk kulit yang lebih halus dan nampak lebih muda. Dua bahan ini telah banyak diuji dan dibuktikan oleh komunitas medis sebagai bahan anti aging yang terbaik.

Contoh produk : The Ordinary Retinoid 2% Emulsion, Avoskin Miraculous Retinol toner & ampoule, Somethinc level 1% Retinoid.

7. Vitamin E

Vitamin E termasuk dalam kelompok antioksidan dan anti aging terbaik.

Fungsi vitamin E sebagai sumber tenaga ketika harus memperbaiki jenis kerusakan kulit yang bisa menyebabkan kekeringan, kerusakan kolagen, garis-garis halus dan keriput.

Vitamin E bisa menetralisir radikal bebas (zat yang merusak sel) oleh faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari.

Contoh produk : Nature Republic Aloe Vera, The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner, Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask, Bio Oil, Scarlett Whitening Bodycare.

Bagi kamu yang pengin beli anti aging, nggak ada salahnya mengecek komposisi di bagian label, ya. Pastikan beberapa 7 kandungan produk anti aging ini masuk ke dalamnya.

Kalau saya pribadi sudah mencoba berbagai produk yang mengandung Niacinamide, vitamin E, peptida, centella, teh hijau. So far paling cinta banget dengan The Ordinary Niacinamide juga toner Centella Asiatica. Laaaff.

Dan saya sekarang lagi penasaran mau coba produk retinol dong. Cuma lagi maju mundur cantik nih mau beli The Ordinary peeling apa retinoid dulu. *masalah banget hiks

Semoga artikel ini membantu ya bagi kamu yang mau membeli produk anti aging.

Eniwei, dari 7 kandungan anti aging di atas, mana nih favorit kamu?

One Response

Reply