Kegunaan Tabungan Bermanfaat Untuk Dana Tak Terduga

Tidak jarang kita baru sadar kegunaan tabungan ketika ada dana mendadak yang harus dikeluarkan. Namun, tidak sedikit orang yang merasa sulit untuk menabung. Terlebih jika dana yang bisa disisihkan hanya sedikit setiap bulannya. Padahal dari kecil, kita sudah belajar tentang pepatah “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit”.

Nah, mulai sekarang, cobalah sisihkan dana kamu walau terkesan hanya sedikit setiap bulannya. Yang penting adalah menabung. Menabung bukan cari untung tetapi menyiapkan dana cadangan untuk masa depan. Dana tak terduga berikut bakal bikin kamu berpikir bahwa kegunaan tabungan sangat sangat bernilai – di masa depan.

Daftar Kegunaan Tabungan

TabunganSumber : www.bapertarum-pns.co.id

  1. Kehilangan pekerjaan

Kamu yang adalah karyawan kemungkinan besar tidak akan terpikir mengenai poin satu ini. Di dalam benak pikiran: Bulan depan gajian! Hai, kita tidak tahu lho apa yang bisa terjadi di bulan depan. Perusahaan bangkrut atau merugi sehingga harus mem-PHK karyawannya, who knows? Oke, kamu bisa dapat kompensasi pesangon tetapi kita tidak bisa pastikan kapan akan dapat pekerjaan lagi kan? So, di sinilah kegunaan tabungan. Jangan sampai deh kita harus meminjam ke orang lain, itu pun kalau orang lain bersedia. Mau mengajukan pinjaman ke bank juga tidak mungkin karena tidak berstatus karyawan lagi.

  1. Kendaraan rusak

Dana ini khususnya ditujukan bagi kamu pengguna kendaraan pribadi, ntah itu motor atau mobil. Tidak hanya biaya untuk memperbaiki kerusakan saja tetapi juga biaya rutin untuk pengecekan. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menyisihkan dana untuk kendaraan kamu. Dengan begitu, kamu bisa tetap beraktivitas normal karena kendaraan dalam keadaan baik untuk digunakan. Kalau sudah rusak total, repot juga ya! Tidak hanya habis biaya tetapi juga tenaga. Jadi, jangan merasa rugi untuk mengeluarkan uang demi pengecekan rutin.

  1. Biaya kesehatan

Menabung untuk kesehatan sangatlah bermanfaat karena itu artinya kamu tidak membebani orang-orang sekitar. Memang kemungkinan besar kita sudah punya asuransi kesehatan sendiri, atau juga ditanggung oleh perusahaan tetapi menabung tetap penting. Kita tidak tahu biaya terduga apa yang harus dikeluarkan terkait kesehatan.

Tidak sedikit biaya-biaya tak terduga lainnya mesti kita siapkan. Sebut saja biaya transportasi tak terduga. Misalkan kamu pulang malam dan tidak punya kendaraan sendiri, kamu yang wanita kemungkinan besar akan menggunakan taksi. Atau, biaya pajak yang jatuh tempo. Nah, dengan rajin menabung, kamu punya dana cadangan untuk menutupi itu semua tanpa harus mengajukan jenis pinjaman semisal kredit tanpa agunan. Lagipula, meminjam bukan tidak menghadirkan biaya lainnya lagi. Kamu mesti mengeluarkan uang untuk menutupi bunga pinjaman dan otomatis biaya yang kamu keluarkan jauh lebih banyak daripada yang seharusnya.

5 Comments

  1. Riga
    • ranny
    • ranny

Reply