Inilah Manfaat Utama Lulur dan Khasiat Bahan-Bahan Alaminya

lulur

Perempuan mana yang nggak suka luluran? Barangkali jika ada yang mengatakan tidak, itu hanya 1 : 1000 :D. Saya salah satu penggemar lulur. Kalau lagi liburan saya suka banget membeli lulur khas daerah tersebut. Kenapa? Karena khasiatnya dan wanginya yang beragam. Apalagi yang berempah gitu, tubuh pun wangi sepanjang hari. Biasanya saya melakukan luluran di rumah saja sebelum mandi. Tapi, saya nggak memungkiri bahwa saya suka mencoba fasilitas lulur dan spa ketika menginap di hotel. Sehabis pijat trus dilulurin, uhhh rasanya surga! Tubuh terasa enak, wangi, pikiran pun menjadi ringan.

Lulur ini telah ada sejak zaman kerjaan di Nusantara. Para permaisuri dan putri kerajaan menjadikan aktivitas lulur ini sebagai suatu yang wajib dilakukan. Bahan-bahannya pun diambil dari alam. Tak mengherankan jika kecantikan para putri raja digambarkan memiliki kulit halus, wangi dan bersih sudah tersohor di seluruh Nusantara bahkan di kerajaan luar Nusantara.

Rahasia lulur para putri raja ada pada ramuan alami yang memiliki beragam khasiat. Dari bahan alami tersebut, lulur pun memiliki 3 manfaat utama.

Manfaat Lulur

  1. Memperbaiki penampilan kulit tubuh

Lulur berkhasiat untuk mencerahkan kulit, terutama di bagian lipatan tubuh, seperti bawah lengan, pangkal paha dan pangkal leher.

Partike-partikel kasar dalam lulur efektif mengangkat sel kulit mati dan mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Dengan demikian, kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan seperti lotion, body butter, pelembap dan lainnya. Untuk efek jangka panjang, kulit akan terasa senantiasa halus.

Tak hanya itu, kandungan protek dan kolagen alami dalam bahan-bahan lulur maupun meningkatkan elastisitas dan melindungi kulit dari pengaruh buruk polusi.

  1. Menyehatkan kulit

Lulur terdiri dari berbagai macam rempah seperti daun sirih dan kunyit yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Bagi yang bermasalah dengan bau badan, lulur dapat membantu mengurangi produksi keringat dan mencegah bau tidak sedap pada tubuh.

  1. Relaksasi tubuh

Perawatan tubuh dengan lulur (di mana tubuh berada dalam posisi tiduran dan dipijat) tak hanya membantu menghilangkan pegal, namun juga dapat menenangkan saraf dan pikiran.

Wangi yang ditimbulkan dari lulur pun memberi efek aromaterapi yang sangat dibutuhkan tubuh yang penat.

Wah, 3 manfaat utama lulur ini sangat berguna baget , ya, untuk kesehatan kulit, tubuh dan pikran. Jadi nggak ada salahnya, jika perawatan lulur dilakukan 2 minggu sekali karena regenerasi kulit berlangsung selama 14-21 hari.

Pasti pada bertanya, bahan alami apa sih yang sering digunakan pada lulur? Dan apa juga khasiatnya? Nah, ini ada 10 bahan alami yang sering digunakan beserta khasiatnya.

bahanlulur

  1. Mangir

Mengandung temu giring dan kunyit. Ampuh mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, sekaligus memutihkan dan mencerahkan kulit.

  1. Beras kencur

Mengandung ekstrak beras untuk menambah elastisitas kulit. Berasa mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit agar terasa lebih kencang.

  1. Kayu manis

Aroma wangi dari kayu manis dapat menghilangkan bau badan.

  1. Daun sirih

Sifat antiseptik yang terkandung dalam daun sirih mampu membersihkan kulit dan menghilangkan gatal-gatal.

  1. Zaitun

Mengandung biji buah zaitun yang bermanfaat untuk melembapkan kulit. Sangat cocok untuk pemilik kulit kering.

  1. Pepaya

Mengandung serat buah pepaya untuk mencerahkan rona kulit bagi yang berkulit kusam.

  1. Kopi

Mengandung biji kopi yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Sangat baik dioleskan di daerah yang cenderung berlemak seperti lengan dan paha.

  1. Bengkuang

Mengandung sari buah bengkuang yang berkhasiat mencerahkan kulit tubuh. Nah ini sangat cocok untuk yang mendambakan kulit lebih cerah.

  1. Teh hijau

Mengandung ekstrak daun teh hijau. Ampuh untuk menyegarkan kulit yang lelah akibat terpaan AC atau polusi.

  1. Wortel

Ekstrak wortel baik untuk mendapatkan penampilan kulit yang lebih cerah.

Bahan-bahan tersebut bisa menjadi rekomendasi untuk yang ingin membeli lulur dan menyesuaikan dengan jenis kulit.

Untuk Mama kayak saya yang baru saja melahirkan, wuuih lulur ini menjadi pilihan utama deh untuk mengembalikan elastisitas tubuh yang tiba-tiba mengendur akibat perubahan berat badan, menjadi lebih harum dan setidaknya bisa relaksasi bila dilakukan sambil pijat.

Yuk, luluran!

8 Comments

    • ranny
  1. ranny
    • ranny
  2. pipit
    • ranny

Reply