Pinjaman Online yang Aman Itu Seperti Apa sih?

Hadirnya pinjaman online di zaman sekarang sudah bukan hal yang baru lagi. Banyak masyarakat yang mengunakan pinjaman online karena mereka membutuhkan dana dan dalam kondisi mendesak, bahkan ada yang menggunakannya untuk gaya hidup. Namun, beberapa tahun belakangan ini pinjaman online meresahkan banyak masyarakat karena banyak maraknya pinjaman online bodong.

Pinjaman online ilegal ini seperti jamur di musim penghujan. Tumbuh subur! Udah ribuan aplikasi yang diberantas tapi masih saja bermunculan aplikasi serupa.

Bahkan Presiden Jokowi pun sudah menindaklanjuti mengenai pinjaman online bodong. Lantas pinjaman online yang aman itu kayak gimana sih?

Berikut beberapa cara agar kamu tahu situs pinjaman online yang aman dan terjamin agar tidak mudah ditipu oleh situs-situs pinjaman online bodong.

Cara Mengetahui Pinjaman Online yang Aman

Mengantongi Izin OJK atau Terdaftar OJK

Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi pinjaman di pinjaman online suatu perusahaan.

Jangan pernah tergiur dengan iming-iming dari pinjamaan online yang memberikan dana secara instan. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek terlebih dulu apakah perusahaan fintech tersebut sudah terdaftar dan mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum.

Jika perusahaan tersebut sudah terdaftar, kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan transaksi di aplikasi tersebut. Namun, jika belum terdaftar sebaiknya kamu jangan mengajukan pinjaman online di aplikasi tersebut.

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, sampaiĀ dengan 22 AprilĀ 2022 adapun jumlah penyelenggara fintench peer-to-peer lending atau fintech pendanaan yang sudah mengantongi izin OJK sebanyak 102 perusahaan.

So, pastikan kamu mengajukan pinjaman di salah satu perusahaan tersebut, ya.

Aplikasi Harus Jelas

Aplikasi yang aman dan terjamin biasanya akan meminta kamu untuk mendownload aplikasi tersebut di Google Play Store atau App Store.

Namun, jika fintech yang ilegal atau bodong akan meminta kamu untuk mendownload Aplikasi melalui link-link khusus yang dikirim melalui pesan singkat atau Whatsapp.

Jika kamu menemukan fintech ilegal atau bodong seperti ini, kamu harus berhati-hati karena ini menandakan aplikasi tersebut tidak aman dan tidak terjamin. Ini juga bisa berujung pada pencurian data privasi kamu karena telah mengklik link tersebut.

Jadi, be smart user, ya. Jangan karena keadaan terdesak, kamu pun tidak berpikir logis.

Memang dana akan cepat cair dari pinjaman online bodong tapi ke depannya yakin deh, kamu akan susah nantinya.

Suku Bunga dan Tenor yang Transparan

Selain penjabaran yang sudah dijelaskan di atas, salah satu ciri pinjaman online yang aman itu adalah aplikasi tersebut menerangkan suku bunga, tenor dan biaya di awal.

Dengan dijelaskan di awal, kamu pun bisa lebih aman dan tidak bingung ketika hendak meminjam. Serta kamu juga bisa memperhitungkan pengembalian dana yang jelas agar nantinya tidak telat membayar.

Contohnya, kamu akan meminjam uang sebesar Rp 3 juta, nantinya aplikasi tersebut akan memberikan pilihan yang terbaik untuk menentukan tenor dan suku bunga.

Kamu juga akan diberikan simulai angsuran per bulan yang harus dibayar berapa dengan suku bunga yang sudah ditentukan juga pastinya.

Jika, kamu setuju nantinya proses pengajuan akan dilanjutkan dan dana akan cair sesuai kemampuan kamu.

Baca juga : Stop jadi feeling analysis, yuk pintar kelola keuangan!

FYI, untuk pinjaman online legal, mereka akan memberikan pinjaman dana yang tidak besar di awal. Mengapa? Karena mereka akan mengecek seluruh data dan yang utama adalah kemampuan bayar kamu.

Review dari Orang yang Pernah Melakukan Pinjaman Online

Jika ingin lebih yakin mengenai aplikasi pinjaman online yang aman, cobalah untuk melihat review dari pengguna lain yang pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Kamu bisa melihat review tersebut pada kolom ulasan pengguna di Google Play Store atau App Store. Ulasan yang mereka berikan tersebut bisa membantu kamu untuk mempertimbangkan aplikasi mana yang akan digunakan.

Semakin banyak review dari pengguna lain yang positif dan memiliki rating tinggi, tentunya semakin baik juga aplikasi tersebut. Namun, jika sebaliknya review tersebut mendapatkan review negatif, sebaiknya kamu mencari aplikasi lain yang memiliki rating tinggi dan riview positif.

Atau kamu bisa googling dengan keyword aplikasi tersebut dan membaca review yang ditulis oleh blogger. Biasanya mereka akan memberikan ulasan aplikasi yang sudah dipakai berdasarkan pengelaman penggunaannya.

Meski kamu sudah merasa mengerti dan paham pinjaman online yang aman itu bagaimana, kamu tetap perlu berhati-hati serta waspada dengan aplikasi pinjaman online yang bodong.

Karena sekali lagi, ketika dalam kondisi terdesak, seringkali kita mengesampingkan nalar. Memilih jalan pintas yang akibatnya tidak mengenakan di kemudian hari.

Jika, kamu perlu atau butuh dana dan tidak ingin melakukan transaksi yang ribet CekAja.com adalah solusinya. Berikut link CekAja.com yang akan melayani pinjaman online kamu :

https://www.cekaja.com/pinjaman-online

CekAja.com akan membantu kamu untuk memberikan pinjaman sesuai kebutuhan dengan pilihan terbaik. Dan kamu juga tidak perlu khawatir karena CekAja.com ini sudah terdaftar di OJK.

Reply