Tips Menggunakan Rak Sepatu Di Rumah

Sepatu, tas dan buku adalah barang yang bisa bikin saya bahagia. Cerita soal sepatu, sewaktu kerja saya rutin banget beli sepatu. Biasalah lah jiwa anak muda dan single *tsaaah 😀 tapi emang dasarnya saya pecinta sepatu sih. Berbagai model sepatu saya punya. Mulai dari flat shoes, wedges, pump shoes, pep toe, sling back shoes berjejer rapi di rak sepatu. Mama kadang sampai ngomel karena rak sepatunya sudah penuh dan harus beli lagi.

rak sepatu

Ketika menikah, saya berhenti membeli sepatu. Koleksi semasa kerja saya boyong ke Solo. Ahh, sayangnya ada beberapa yang kulitnya mengelupas, padahal sepatu kesayangan. Rupanya, kebiasaan membeli sepatu ini diteruskan oleh Abang. Rak sepatu di rumah itu 5 susun, dan sebagian besar diisi oleh sepatu Abang.

Saya maklum akan hal ini, setelah lelah kerja membeli barang kesayangan itu adalah hal yang membahagiakan.

Untuk pengoleksi sepatu seperti saya, rak sepatu itu sangat dibutuhkan. Selain rak sepatu, bisa juga memanfaatkan kardus dan lemari untuk tempat penyimpanan. Apapun tempat yang digunakan, semua itu bertujuan untuk menjaga sepatu agar tetap bersih dan awet.

Bagi seseorang yang memiliki banyak koleksi sepatu maka sebaiknya sebelum menyimpan sepatu tersebut, perlu diperhatikannya semua koleksi sepatu yang dimiliki karena ada beberapa tips dalam memeliharanya.

4 Tips ini bisa bantu kamu merawat sepatu kesayangan.

rak sepatu

  • Ketika ingin menyimpan sebuah sepatu maka simpanlah sepatu tersebut dalam keadaan kering, bersih dan bebas kotoran.
  • Cari dan pilihlah rak dengan model terbuka karena akan lebih mudah ketika ingin menggunakan sepatu.
  • Ketika ingin menyimpan sepatu yang menggunakan bahan dasar kulit maka simpanlah dengan dilapisi koran atau plastik agar bentuknya tetap.
  • Letakkanlah sepatu secara teratur sesuai dengan frekuensi penggunaan sepatu tersebut atau warna sepatu yang sering digunakan.

Jika telah mengetahui tips memelihara sepatu sebelum dilakukan penyimpanan maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih rak sepatu yang akan digunakan untuk menyimpan sepatu.

Biar rak sepatu kamu  difungsikan dengan baik, 4 tips bisa bantu kamu melakukannya.

rak sepatu

1. Pastikan jumlah koleksi dan pertambahannya

Poin pertama untuk diperhatikan dalam memilih sebuah rak yang akan digunakan untuk meletakan sepatu adalah dengan memperhatikan jumlah koleksi sepatu tersebut. berapa banyak sepatu yang sudah dimiliki di rumah serta berapa banyak perkiraan sepatu yang akan dibeli dalam setahun.

Hal tersebut perlu diperhatikan karena jika kamu adalah seorang pengoleksi sepatu maka pastinya kamu akan lebih sering membeli sepatu sehingga sangat membutuhkan rak sepatu dengan ukuran besar.

2. Menentukan tempat yang cocok

Dalam memilih rak sepatu yang akan digunakan untuk menyimpan sepatu maka tentukanlah terlebih dahulu tempat yang cocok untuk meletakkannya.

Pemilihan tersebut harus dilakukan karena kamu perlu mengetahui seberapa besar rak sepatu atau sisi rumah yang cocok untuk digunakan meletakan sepatu. Pastikan tempat yang dipilih sesuai dengan tempat sepatu.

Jangan meletakan rak pada tempat yang mudah terkena air karena sepatu-sepatu akan mudah rusak. Selain itu pemilihan tempat juga akan mempengaruhi bentuk rak apakah terbuka atau tertutup.

3. Rak dibuat miring

Ketika memilih rak sepatu ada baiknya jika kamu memilih model yang miring. Karena model miring tersebut akan mempermudahkan kamu ketika menyimpan sepatu serta cocok bila digunakan untuk melihat-lihat koleksi sepatu.

4. Beri fentilasi

Pemilihan rak sepatu yang akan digunakan untuk menyimpan sepatu maka kamu perlu memperhatikan fentilasi rak tersebut. Karena fentilasi sangat berfungsi untuk keluar masuknya udara dalam sepatu sehingga sepatu tidak mudah bau atau bau yang tidak sedap pada sepatu bisa hilang. Bukan hanya itu saja, pemilihan rak sepatu diperlukan karena untuk mengatur suhu dalam rak yang akan digunakan.

Rak sepatu memang perlengkapan rumah yang paling sederhana. Kadang kala kita asal saja membeli tanpa memerhatikan bebrapa hal seperti tips di atas. Walhasil, rak sepatu pun nggak terpakai. Kalo udah kayak gini sayang banget bukan.

Tak masalah kamu memiliki banyak jenis sepatu, asalkan rak sepatu bisa difungsikan dengan baik maka sepatu kamu pun aman!

Nah, kalau kamu setiap beli rak sepatu ada kriteria khusus nggak? Share dong tipsnya di kolom komen.

Have a good weekend ahead my dear fellas.


Disclosure : artikel ini adalah content placement. Isi telah diedit dan disesuaikan dengan gaya bahasa Hujanpelangi Blog. Selengkapnya tentang disclosure bisa baca di sini.

7 Comments

  1. 57 promenade
  2. Pu
  3. Inna Riana

Reply