UMKM Go Digital Perlu Dilakukan, Ini Tips Memulainya

Sudah dua tahun kita hidup berdampingan dengan pandemi. Semua lini sudah mulai pulih dari keterpurukan termasuk UMKM. Selama pandemi ternyata ada dampak positif yang dirasakan oleh para pelaku usaha kecil menengah salah satu dengan hadirnya UMKM Go Digital.

Jika kita melihat ke belakang tepatnya tahun 2020 saat pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia. Semua masyarakat panik. Ekonomi goyang. Banyak yang dirumahkan dan ekonomi keluarga pun menjadi sulit.

Dari survei di bulan Juni 2020 yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) dengan 206 responden dari pelaku UMKM area Jabodetabek, dari 63,9% menyatakan bahwa pendapatan yang mereka terima mengalami penurunan lebih dari 30% sebelum pandemi.

Lanjut lagi, total 1,6% responden mengatakan bahwa pendapatan meningkat lebih dari 30%. Sementara 0,6% responden, mengatakan tidak ada perubahan dalam hal pendapatan yang diterima.

Apa yang dilakukan untuk bisa bertahan?

Para pelaku UMKM melakukan efisiensi usaha mulai dari pengurangan produk dan layanan serta merumahkan karyawan agar beban operasional bisa menurun.

Nah, salah satu cara sebagai bentuk efisensi usaha, pelaku UMKM melakukan pengalihan penjualan dan media promosi ke dunia digital. Inilah yang menjadi awal mula terbentuknya ide UMKM Go Digital.

Yuk, kita lihat data dari survei SEA Insight dengan 2200 responden, ternyata 45% responden mengatakan telah melakukan penjualan secara online melalui website e-commerce selama pandemi.

Agar lebih sahih nih datanya, menurut Kementerian Koordinator Perekonomian dari 14 Mei – 9 Juni 2020, total ada 301.115 UMKM yang telah beralih ke digital. Luar biasa!

UMKM Go Digital Perlu Dilakukan

Coba kita perhatikan kebiasaan masyarakat yang terbentuk sejak pandemi Covid-19. Masyarakat lebih menyukai melakukan apapun secara online. Betul?

Mulai dari belajar, bekerja, berbelanja hingga berinvestasi pun dilakukan secara online. Well, we should thanks to technology!

Karena teknologi lah kita pun dimudahkan dengan segala aktivitas yang harus dilakukan walau berada di kondisi yang tidak mengenakan. Dan sekarang ini kebiasaan ini pun masih terus kita lakukan.

Efeknya ke UMKM, para pelaku lebih mudah untuk berjualan karena tidak mesti memikirkan sewa tempat, biaya operasional pun menurun. Terlebih dengan memanfaatkan dunia digital, UMKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga : Mengapa foto produk penting bagi UMKM?

Jadi, jika ditanya apakah UMKM Go Digital penting dilakukan? Penting!

Kendati demikian, semua balik lagi ke pemilik usaha, mau melakukannya atau tidak? Benar nggak? Karena sekarang ini banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan, tinggal kamu mau melakukannya atau ditunda saja dulu.

Ada 5 alasan yang bisa kamu jadikan dasar mengapa usaha kamu perlu Go Digital.

  • As I told you before, dengan dunia digital kamu bisa menjangkau pasar yang luas. Jika berjualan offline, kamu ‘hanya’ bisa mendapatkan konsumen dari sekitar. Dengan digital, area pemasaran kamu pun makin luas.
  • Bisa minimalisir risiko hilangnya target pasar. Eh gimana tuh? Seperti yang kita tahu, sejak pandemi kebiasaan masyarakat itu serba online. Kamu mesti beradaptasi dengan hal ini kalau tidak ingin ketinggalan.
  • Pengguna internet di Indonesia makin meningkat. Ini juga yang mesti kamu pikirkan, bahwa sekarang masyarakat sudah mulai melek teknologi baik tua maupun muda.
  • Mengurangi biaya operasional. Tentu saja dengan digital, biaya operasional usaha kamu makin berkurang
  • Pertumbuhan bisa lebih cepat. Ini terkait dengan dua poin di atas, dengan memanfaatkan digital kamu bisa melihat perkembangan usaha kamu. Misal dengan menggunakan ads FB, Instagram, makin banyak ya yang bisa dijangkau. Nah ini akan turut berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha.

Melihat lima alasan di atas, bagi kamu yang baru memulai usaha sebaiknya ikut serta dalam program UMKM Go Digital. Berikut tips untuk melakukannya.

5 Tips Memulai UMKM Go Digital

  1. Pelajari dunia digital

Ilmu pengetahuan adalah sumber utama bagi kita untuk memulai apapun. Setuju ya.

Untuk bisa memulai UMKM Go Digital, maka kamu perlu membekali diri dengan pemahaman akan dunia ini. Kamu bisa memulai dengan belajar literasi digital.

Literasi digital ini cakupannya sangat luas. Mulai dari kecakapan, budaya, etika dan keamana. Yang mana penting untuk kamu miliki saat akan memasuki dunia tanpa batas ini.

Silahkan membaca berbagai literatur tentang literasi digital ditambah teknologi apa saja yang dibutuhkan.

Step berikutnya, coba perhatikan tren pasar di asaat ini, karena ini akan berpengaruh terhadap strategi pemasaran juga produk yang akan kamu jual.

Dengan wawasan yang kamu miliki, kelak ini akan berguna bagi kamu dalam mengembangkan usaha, bersaing hingga menjadi seorang CEO dengan growing mindset.

2. Buat akun media sosial

Media sosial sekarang ini tak hanya berfungsi sebagai media komunikasi namun sangat berpengaruh juga terhadap marketing.

UMKM Go Digital ini tak akan lepas dari peran media sosial. Ini akan menjadi medium promosi yang murah meriah. Apalagi ditambah meningkatnya pengguna media sosial di Indonesia, ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan target market yang diinginkan.

Buatlah konten yang bermanfat, mulai dari pengenalan produk, benefitnya hingga promo-promo yang ada.

3. Pahami tren, jual produk yang dibutuhkan

Memulai usaha, kamu HARUS mempelajari tren yang lagi hype saat ini. Contoh, kita nih masih ada di masa pandemi, maka produk seperti makanan itu masih terus dicari. Atau produk kecantikan, beberapa tahun belakangan ini kaum perempuan makin teredukasi akan pentingnya perawatan wajah dan tubuh. Ini bisa jadi celah untuk kamu dalam menentukan produk yang akan dijual.

4. Mempunyai website yang profesional

Poin ini sifatnya opsional ya.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa dengan memiliki website usaha kamu akan terlihat lebih profesional. Media sosial memang disukai masyarakat sayangnya toolsnya terbatas.

Lain halnya dengan website, kamu bisa mencantumkan company profile, publish artikel bermanfaat dan bisa berjualan.

5. Manfaatkan marketplace

Sudah rahasia umum bahwa masyarakat Indonesia senang berbelanja di berbagai marketplace. Kenapa kamu tidak memanfaatkannya?

Keuntungan berjualan di marketplace, kamu akan dimudahkan dengan jasa pengiriman. Lalu ada promo yang memudahkan konsumen untuk berbelanja. Dan biasanya setiap e-commerce maupun marketplace sering melakukan edukasi bisnis bagi penggunanya.

Bicara tentang jasa pengiriman, JNE menjadi ekspedisi yang disukai banyak orang. Dan ternyata, JNE sangat mendukung UMKM dalam mengembangkan usaha.

Dukungan JNE untuk UMKM Pasca Pandemi

JNE adalah jasa pengiriman terbesar yang ada di Indonesia. Saya pun senang mengirimkan barang melalui ekspedisi ini. Tak hanya itu, kalau berbelanja di e-commerce saya menyukai memilih JNE sebagai opsi jasa pengiriman.

Dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia, JNE pun melakukan program JNE Goll…Aborasi Bisnis Online. Jadi, program ini sebagai bentuk dukungan JNE untuk pengembangan bisnis UMKM di Indonesia.

JNE Goll…Aborasi Bisnis Online diadakan di 60 kota di Indonesia secara online. Dan pekan kemarin, JNE Cilegon menjadi kota ke-9 untuk acara ini.

Di acara ini menghadirkan Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon, Linda Yuli Yani  selaku Owner ELYECRAFT, Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal hotel Cilegon).

Ada banyak ilmu yang dibagi oleh dua pelaku usaha ini terkait dunia digital seperti pembuatan konten, loyalitas ke kosumen dan memanfaatkan ekspedisi JNE dalam pengembangan usaha.

Pak Heru di kesempatan ini pun menyampaikan beberapa hal terkait JNE Cilegon.

JNE Cilegon sering melakukan program CSR seperti pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama.

JNE Cilegon juga terus berupaya untuk mampu meningkatkan penjualan para UMKM. “Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya, yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.” ungkap Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon.

Semoga jadi tambah tahu ya tentang UMKM Go Digital dan juga program dari JNE dalam mendukung para pelaku UMKM di Indonesia.

Semangat bagi kamu yang baru memulai usaha.

3 Comments

    • ranny

Reply