6 Tips Hemat Belanja Online Agar Kamu Terhindar Dari Krisis Keuangan

Perempuan dan belanja bagai dua sisi mata uang yang sulit dipisahkan. Makanya, nggak heran jika muncul beragam tips hemat belanja online untuk ‘menyelamatkan’ kami agar tidak terjebak di tumpukan SALE yang mengakibatkan krisis keuangan.

Kata SALE selalu menjadi magnet utama bagi kami para kaum hawa untuk menengok sebentar ke toko yang baru saja dilewati atau jari ini dengan kecepatan cahaya mengetikkan salah satu website e-commerce saat melihat iklannya di beranda Facebook. Bagi sebagian perempuan, belanja itu adalah terapi. *eh itu saya kali ya 😀 hehehe. Dengan catatan, belanja saat ada uang dong. Belanja saat nggak ada uang bikin pening lah.

Apalagi sekarang ini, ya, belanja online semakin ‘mendarah daging’. Berbagai kemudahan teknologi membuat hal tersebut menjadi nyata. Sebut saja segudang toko online yang ‘lahir’ dari media sosial, belum lagi warna-warni e-commerce yang hadir dengan bertaburan diskon, dan dilengkapi dengan marketplace sebuah ‘pasar online’ yang mempertemukan penjual-pembeli tanpa perlu bertatap muka. See, life more easier, huh? Dan hobi belanja ini seakan terfasilitasi dengan yang namanya teknologi.

Tapi, patut kita garis bawahi nih bagi para perempuan bahwa belanja lah saat memang membutuhkan, jangan belanja di saat marah, galau, sedih atau kondisi emosi lagi labil. Kenapa? Karena, kita menjadi ‘buas’ saat berbelanja. Kita akan membeli barang-barang yang nggak penting dan menyadari hal tersebut ketika barangnya sudah ada di rumah. Pada akhirnya, barang tersebut berakhir di sudut lemari dan karena jarang terlihat maka barang itupun tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama. Pernah mengalami hal tersebut? Okesip, I will said you’re not alone because I ever did it too! Hvft.

Semakin banyak pengalaman hidup, saya pun mulai sadar harus meng-CUT kebiasaan buruk belanja hal yang nggak penting. Sebagai manajer keuangan rumah tangga, saya harus bisa mengalokasikan uang di pos-pos yang sudah dibikin. Jujur saya masih sedikit cheating untuk berbelanja properti foto saat uang job dari blog cair. Saya nggak ingin membuat sebuah pembenaran akan kebiasaan belanja saya, setidaknya sekarang saya merasa bertanggung jawab bahwa membeli barang tersebut merupakan barang yang saya butuhkan. That’s it!

Nggak ingin terjebak dengan tumpukan SALE dari website e-commerce maupun marketplace, saya ingin membagi tips hemat belanja online di e-commerce dari pengalaman saya.

Tips hemat belanja online agar terhindar dari krisis keuangan.

  1. Bikin list

tips hemat belanja online

Tips hemat belanja online : bikin list

Belanja online juga butuh list lho! Ini untuk mengantisipasi kita membeli barang-barang yang nggak dibutuhkan sama sekali.

List ini sama seperti strategi belanja. Di mana kalo kamu nggak pintar memainkan strategi, maka saat itulah kamu kalah! *ish mak udah macam main sepakbola aja. Eits, jangan salah, belanja ini juga seperti ‘permainan’ lho. Pernah lihat kan di TV acara shopping rally? Di situ, para pemain butuh strategi yang apik agar uang dalam jumlah terbatas bisa mereka maksimalkan untuk membeli barang.

Nah, kenapa kita nggak terapkan strategi tersebut saat belanja online? Trust me, dengan ada list ini bikin kamu terarah dalam berbelanja dan membuat kamu lebih disiplin.

  1. Cek koleksi

tips hemat belanja online2

Tips hemat belanja online : cek koleksi

Sesudah bikin list, ada baiknya kamu cek lagi koleksi barang yang kamu punya.

Biasanya nih ada saja barang-barang yang tersimpan di sudut-sudut luput dari pandangan kita. Cek koleksi ini menghindarkan kamu membeli barang-barang double. Nggak lucu kan, selesai belanja terus nemu di lemari kamar sebelah cardigan sama persis yang baru saja dibeli di e-commerce?

Baca juga : 5 tips merawat sepatu batik

  1. Tentukan mau belanja online di mana?

tips hemat belanja online3

Tips hemat belanja online : tentukan belanja online di mana.

Nah, ini kelanjutan dari bikin list, cek koleksi.

Kamu harus tentukan mau belanja di e-commerce atau marketplace yang mana. Karena tiap e-commerce itu beda-beda harga dan promo. Nggak lucu kan kamu mau belanja produk fashion yang harusnya ke Zalora eh malah nyasar ke website traveling.

Ini biar kamu disiplin akan uang dan waktu juga. Terlalu lama menjelajah dari satu e-commerce ke e-commerce yang lain maka peluang kamu membeli barang yang nggak penting itu semakin besar. Dan waktu kamu terbuang percuma untuk itu. Waktu yang seharusnya bisa kamu alokasikan untuk bermain bersama si kecil malah habis di depan laptop.

Kalau gini, siapa yang rugi?

  1. Langganan newsletter

tips hemat belanja online

Tips hemat belanja online : newsletter

Kalo ini mah, saya banget! Hehehe.

Setiap kamu membuka laman website e-commerce, pasti akan ada pop up persegi yang bertuliskan :

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan newsletter produk terbaru kami.

Atau

Join newsletter dan dapatkan potongan harga 15% yang bisa langsung kamu gunakan.

Kalimat newsletter seperti itu bikin siapa saja menjadi ‘lemah iman’. Bener nggak?

Tapi, dari pengalaman saya nih, banyak manfaat kok dari newsletter ini. Saya bisa melakukan tips hemat belanja online salah satunya karena promo-promo yang mereka tawarkan. Jadi, saya berbelanja hanya di saat promo. *emak minded.

  1. Perhatikan detail barang

tips hemat belanja online5

Tips hemat belanja online : perhatikan detail barang

Ini berhubungan dengan ketelitian saat membeli barang.

Salah satu kelemahan belanja online adalah kita nggak melihat langsung barang tersebut. Maka, ketelitian akan detail barang harus kita perhatikan.

Pernah sekali saya membeli tas karena tergiur dengan promonya. Karena saking suka dengan modelnya, saya pun menyampingkan membaca dengan jelas detail barang khususnya ukuran tas. Akhirnya, saya kecewa ketika menerima barang tersebut.

Jadikan pengalamanku sebagai pelajaran, ya. Teliti sebelum membeli barang! Perhatikan material, ukuran, apa bisa direfund, ongkos kirim ataupun ukuran pakaian.

  1. Manfaatkan voucher diskon

Barangkali baru sedikit saja yang tau mengenai vocher diskon ini.

Jadi begini, vocher diskon disediakan oleh salah satu website yang bekerja sama dengan e-commerce untuk memudahkan konsumen berbelanja online. Salah satu website penyedia voucher diskon adalah Paylesser Indonesia.

tips hemat belanja online

Tips hemat belanja online : gunakan voucher diskon dari Paylesser

Kalau di poin newsletter, kamu bisa tau promo di hari tertentu. Nah, kalau di Paylesser kamu bisa sesuaikan hari di mana keuanganmu cukup untuk berbelanja, karena tiap harinya di Paylesser ada banyak voucher diskon yang ditawarkan.

Paylesser adalah perusahaan inovativ yang didirikan oleh Shoogloo Digital Marketing Pvt. Ltd., dan sebagai bagian dari grup Shoogloo yang berbasis di Singapura. Tak perlu khawatir karena Paylesser merupakan website terpercaya bukan abal-abal karena Paylesser sudah hadir di 23 negara. *wow.

Kamu pun nggak perlu repot untuk daftar saat menggunakan vocher diskon dari Paylesser. Tinggal pilih saja e-commerce mana yang kamu mau, misalnya Zalora. Nantinya, akan muncul beragam promo yang ditawarkan oleh Paylesser untuk belanja di Zalora. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Saat kamu klik promo tersebut, otomatis akan terhubung ke website Zalora. Kamu pun bisa langsung menggunakan voucher Zalora tersebut.

tips hemat belanja online7

Voucher Zalora di Paylesser Indonesia

Gimana, mudah bukan?

Paylesser bisa membuat kamu tersenyum karena berhasil menghemat uang belanja online.

Baca juga : Bingung beliin kado untuk pria? 7 barang ini cocok untuk dijadikan kado

Sekarang sih, saya lebih bisa mengendalikan diri saat belanja online. Saat belanja mah asik, abis itu sakit kepala karena keuangan jadi berantakan. Saya menerapkan 6 tips hemat belanja online ini agak tidak over budget dan menghindarkan saya dari krisis keuangan.

Nggak lucu bukan keuangan jadi morat-marit hanya karena kita nggak bisa mengontrol nafsu belanja online? Always be smart buyer, peps!

Semoga tips hemat belanja online ini bisa membantu kamu dalam mengontrol keuangan, ya.

Ada nggak yang pernah mengalami overbudget ketika belanja online? Terus tips apa yang kamu lakukan untuk mengatasinya? Share dong pengalaman kalian di kolom komen. 😉

Happy shopping!

 

36 Comments

  1. saras hestiana
  2. Daniel
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  3. Arifah Wulansari
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  4. Ety Abdoel
    • ranny

Leave a Reply to ranny Cancel reply