Resep Terong Sambal Tahu Ikan Asin

Terong salah satu sayuran favorit dan selalu dihidangkan di meja makan di rumahku. Resep terong selama ini datang dari Mama dan mertua. Biasanya terong itu digoreng dan dibikn sambal balado, digoreng saja dijadiin lalapan, ataupun ditumis dengan udang kecil.

Saat mertua di rumah, saya menemukan resep terong yang super gampang dan nggak rempong. Jadi, terong diiris kecil-kecil, digoreng lalu dicampur dengan ikan sambal. And done! Iya semudah itu saja. Sekali masak ada lauk dan sayuran. Praktis memang. Saya nggak perlu masak dua kali.

Oh ya, sebelum ke resep, pada penasaran nggak kandungan gizi dalam sebuah terong? Let’s check it out!

kandungan-nutrisi-terong

Ternyata kandungan vitamin, mineral cukup banyak, ada karbohidrat yang jumlahnya lumayan juga ya hehehe… Dan energi  104 kJ, ada folat juga yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui. Wah, nggak salah pilih nih makan terong selagi menyusui.

Well, resep terong kali ini hasil kreasi dadakan. Idenya muncul begitu saja saat melihat bahan-bahan yang ada di rumah. Menjadi ibu rumah tangga memang harus pintar berkreasi dengan bahan makanan, betul? Sebelumnya resep terong ini sudah saya coba, tapi entah masih kurang sreg dari cara memasak, bahan yang kurang hingga tampilan.

Baca juga : Resep bitterbalen

Yuk, disimak resep terong dari Ranny’s Kitchen yang murah meriah dan mudah!

Resep Terong Sambal Tahu Ikan Asin

resep terong

Bahan-bahan :

2 buah terong ungu ukuran sedang (potong kecil-kecil, disesuaikan dengan selera)

4 ekor ikan asin (dagingnya saja) ukuran sedang

1 buah tahu sumedang

5 buah cabai rawit merah

5 buah cabai hijau besar

10 buah cabai merah besar

5 butir bawang merah

2 butir bawang putih

1 buah tomat merah kecil (buang bijinya)

Minyak goreng

Cara memasak :

  1. Goreng terong hingga kecokelatan tapi jangan sampai layu bener, nggak enak dan pastinya kandungan nutrisi sudah menguap.
  2. Goreng ikan asin. Sisihkan. Ulek hingga halus.
  3. Goreng basah tahu sumedang. Angkat dan ulek bareng ikan asin. Tidak usah terlalu halus banget.
  4. Cabai, bawang, tomat dihaluskan dengan cara diblender pakai coper. Tapi, saya setel untuk tidak terlalu halus, agak kasar dikit.
  5. Campur sambal yang selesai diblender dengan ikan asin. Saya campur di atas cobekan. Setelah tercampur sempurna, tuangkan minyak panas yang dipakai untuk menggoreng (kurang lebih 5 sendok makan). Campur lagi.
  6. Sambal telah dicampur, masukkan terong. Dicampur kembali hingga sambalnya merata.
  7. Angkat dan sajikan.

*Catatan :

– Ikan asin dicuci bersih terlebih dahulu, rendam beberapa menit di dalam air panas agar tidak terlalu asin.

– Resep terong ini tidak menggunakan garam karena sudah ada kandungannya di dalam ikan asin.

Gimana, mudah banget kan resep terong sambal ikan asin tahu ini? Karbohidrat dan protein lengkap dari terong, tahu dan ikan. Sengaja memang saya menggunakan ikan yang cara mengawetkannya dengan proses penggaraman karena menggunakan ikan teri tidak terlalu ‘nendang’ rasanya. Di resep terong pertama, saya menggoreng ikan asin – tahu yang sudah diulek kemudian dicampur sambal, sayangnya saya rasa kurang pas karena terlalu banyak menggoreng! Di resep terong kedua ini saya memilih daging ikan asin thok karena di resep pertama tulangnya itu sungguh mengganggu kenikmatan makan.

Soal rasa, manis dari terong ditambah pedas dari cabai rawit, takaran garam yang pas dari ikan asin bikin mulut ini nggak berhenti mengunyah. Apalagi cabai hijau yang rasanya sedikit beda dibanding cabai rawit merah maupun besar, melengkapi citarasa pedas dalam resep terong ini. Tahu sumedang yang halus dan sudah tercampur di dalam sambal sebagai pelengkap pun tak kalah membuat lidah terus bergoyang.

Sepiring nasi hangat, seporsi kecil tahu sumedang yang digoreng basah, seporsi terong sambal tahu ikan asin, ditambah air jeruk, sukses mengembalikan mood saya hari ini! Kenikmatan seporsi terong ini terlalu menggoda untuk disantap dan melupakan perkara diet.

Kalau kamu, resep terong biasanya seperti apa? Share dong di kolom komen.

Anyway, selamat mencoba!

38 Comments

  1. parylene coating
    • ranny
  2. Dhanang Sukmana Adi
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  3. Via
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  4. Ana Ike
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  5. waralaba ekspedisi
    • ranny
    • ranny
  6. achmad taufik
    • ranny
  7. Ety Abdoel
    • ranny

Reply