Lagi Stres? Yuk, Konsumsi 5 Makanan Pereda Stres Ini Agar Pikiran dan Tubuh Kembali Segar

Mengonsumsi makanan pereda stres ini ampuh membuat pikiran dan tubuh kembali segar.

Perempuan itu rentan dengan yang namanya stres. Eits, bukan berarti pria juga nggak stres. Tapi, tingkat stres untuk kita itu lebih besar dan intentsitasnya lebih sering. Hal ini disebabkan karena perempuan menjalankan banyak peran. Mulai dari ibu rumah tangga, manajer keuangan, bekerja di kantor, antar jemput anak, tukang masak dan lain sebagainya. Jadi, wajar memang perempuan itu berpotensi stres dibanding pria.

Sebenarnya stres ini penyakit apa bukan sih?

kista dan perempuan

Pada dasarnya stres bukanlah sebuah penyakit.

Menurut Brown (Coleman 2002), mengatakan bahwa secara teknis suatu reaksi stres adalah respon mental dan fisik terhadap sesuatu menakan yang menggerakkan sumber-sumber daya tubuh menghadapi keadaan darurat, mekanisme β€œlawan atau lari”, yang membanjiri tubuh dengan hormon-hormon yang membangkitkannya menghadapi tantangan.

Lebih lanjut lagi nih, menurut psikolog remaja dan keluarga, Roslina Verauili, M.Psi, keadaan stres yang meningkat bisa menimbulkan gejala, sindrom dan penyakit depresi yang pada akhirnya memerlukan pengobatan psikologis.

Hvft. Semoga kadar stres kita nggak sampai tahap itu, ya.

Menurut hemat saya, stres ini adalah respon psikologis dari tubuh ketika kita menghadapi sebuah masalah.

Gimana sih cara mengetahui kalau kita lagi stres?

sick

Ada tanda alami yang bisa kita gunakan untuk mendeteksi apakah tubuh ini mengalami stres atau tidak.

  • Otot belakang bagian leher terasa kaku
  • Bahu terasa meninggi tegang
  • Kepala pusing
  • Cepat merasa lelah
  • Emosi berlebih yang berdampak uring-uringan bahkan berefek negatif
  • Kurang konsentrasi
  • Menjadi apatis

Jika kamu mengalami beberapa poin tersebut, yeah dirimu sedang dalam keadaan stres! >.<

Kalau saya pribadi, stres datang membawa efek : pikiran terasa penuh, mulas, mual, maag kambuh, kadang buang air besar, badan terasa lemah, nggak bisa konsentrasi.

Pastinya, gejala stres di tiap tubuh itu berbeda-beda tergantung masalah yang dihadapinya seperti apa.

Baca juga : 11 Kebiasaan hidup sehat ala perempuan Jepang

Cara menangani stres

thinking

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menangani stres.

Kayak saya nih, lebih suka nonton atau membaca agar stresnya bisa dialihkan dan tidak terlalu dipikirkan. Memang sih harus menyelesaikan sumber stres tapi setidaknya pikiran saya menjadi tenang setelah menonton dan membaca.

Salah satu efek negatif dari stres ini, saya suka makan. *duh! Gimana mau kurus coba. Tapi, akhirnya cara ini saya skip karena memang berdampak tidak baik untuk tubuh.

Melakukan relaksasi itu penting untuk menangani stres. Relaksasi bisa kamu dapetin dari istirahat yang cukup, melakukan yoga, ke pantai. Tapi, nggak selamanya relaksasi harus ke tempat-tempat yang menenangkan. Cukup duduk di diam di balik meja kantor atau di sudut rumah, tidak melakukan kegiatan yang analitikal sambil menarik napas dalam-dalam sebenarnya sudah merupakan proses relaksasi. Menghirup aroma teh juga dapat memberikan efek relaksasi lho atau aroma therapy.

5 Makanan pereda stres

orange juice

Daripada kamu makan makanan yang tinggi kalori, berlemak saat stres melanda ada baiknya hal tersebut dialihkan ke makanan bergizi ini.

Apa saja tuh? Yuk, simak.

  1. Jeruk

Vitamin C yang terkandung di dalamnya ternyata ampuh untuk meredakan stres.

Buah yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk ketahanan tubuh, ya. Mendapatkannya pun mudah. Bisa kamu konsumsi dalam bentuk smoothies atau jus agar lebih enak. Dan jangan lupa untuk gula dikurangi, ya.

  1. Alpukat

Ternyata alpukat mengandung banyak potasium (melebih pisang) yang dapat mengurangi tekanan darah. Bagi kamu yang bermasalah dengan kolesterol, mengonsumsi alpukat juga menjadi pilihan yang baik. Vitamin B banyak terkandung di dalamnya yang bisa melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

Menyantap alpukat bisa dengan berbagai cara, mau makan langsung ataupun smoothie bisa banget. Variasi lain yang bisa kamu lakukan dengan mengolah alpukat ini antara lain : salad, puding alpukat siram cokelat, alpukat crispy atau avocado banana smoothie. *yumm

  1. Kentang manis

Suplai karbohidrat dan gula dari kentang manis bisa membawa efek menenangkan pikiran.

Kentang manis terkandung zat-zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati dan kalsium serta mineral penting lainnya. Nah, ini membuat kentang baik dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari

Untuk menyajikan kentang, kita harus hati-hati karena pengolahan yang salah bisa mengakibatkan pembakaran nutrisi yang tidak dapat dinikmati oleh tubuh. Beberapa saran penyajian kentang yang baik :

  • Direbus, jika ingin dikonsumsi sebaiknya kentang direbus
  • Dibuat sup
  • Dimasak kecap
  • Tidak boleh dibakar karena efek pembakaran tentu akan berdampak buruk pada kesehatan
  • Hindari digoreng, karena gorengan akan mengakibatkan efek negatif lain pada tubuh.
  1. Kacang-kacangan

Dalam hal ini diutamakan almond, pistachio dan walnut yang mengandung vitamin B dan E untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Khususnya almond mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin B, vitamin E, kemak tak jenuh, serat pangan. Selain itu juga mengandung mineral bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi dan zinc. Kandungan magnesium di dalamnya dipercaya bisa meredakan stres.

  1. Salmon

Ikan salmon mengandung lemak omega 3 yang dapat menghambat pertumbuhan hormon kortisol, si pemicu stres dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, manfaat ikan salmon untuk tubuh pun sangat beragam karena ikan ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Sudah sejak lama ikan salmon dikenal sebagai ikan yang kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Baca juga : Minuman sehat untuk anak

Udah stres terus makan banyak, efeknya bisa dobel ke tubuh. Berat badan naik, kesehatan terganggu, uang pun ludes. *hiks. Lebih baik kita mengalihkan dengan mengonsumsi 5 makanan pereda stres. Nggak rugi kok. Udah terjangkau, manfaatnya pun plus plus.

Jangan biarkan stres ini menghambat kegiatan kita ya. *huss huss jauh-jauh deh stresnya.

Kalaupun kamu dalam kondisi stres, ada baiknya tinggalkan sejenak apa yang dilakukan. Coba untuk memanage sendiri dengan melakukan tahapan relaksasi dan mengonsumsi makanan pereda stres. Stres yang kita rasakan jangan sampai ditularkan ke orang rumah, teman kantor atau keluarga. Semakin kita bisa mengendalikan stres, maka semakin kecil juga potensi kita terkena stres.

Kayak sekarang ini, ada hal yang belum bisa dituntaskan jujur itu sedikit membawa stres ke dalam pikiran. Yuk, ah, baca Conan saja dulu, biar pikiran ini nggak penuh!

Kalau kamu, menangani stres dengan cara apa? Share dong! Kali aja bisa jadi referensi teman-teman yang baca.

Have a good day my dear fellas…

Referensi :

http://www.alodokter.com

http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/05/apa-ciri-wanita-tengah-alami-stres

http://www.psikologiku.com/pengertian-stress-menurut-para-ahli-psikologi/

27 Comments

  1. Dzulfikar
    • ranny
  2. Dhanang Sukmana Adi
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  3. Daniel kusumawardhana
    • ranny
    • ranny
  4. Ety Abdoel
    • ranny
    • ranny
    • ranny

Reply