7 Tips Membedakan Tas Asli dan Palsu

Postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang beli tas bajakan, ya atau tidak? Ternyata banyak juga tanggapan yang memilih, tidak! Teman-teman pada memilih menggunakan lokal brand saja yang kualitasnya pun bagus bahkan ada beberapa sudah go international. Selain itu menggunakan tas bajakan bisa berbahaya saat traveling ke luar negeri, macam ke Eropa, bisa tuh didenda ratusan Euro *kekepin dompet*. Ih, amit-amit lah yaa, sampai didenda ratusan euro, mending udah pakai beli tas aslinya di negara itu.

Ngomong-ngomong membeli tas asli, bisa tuh salah satu artis kita yang suka maju-mundur-cantik-cantik jadi contoh. Seringkali kita melihat di akun Instagramnya, Princess Syahrini adalah Hermes lover sejati. Beli Hermesnya pun ke Itali langsung! Nah, hal ini patut dicontohi. Nggak bakal tertipu deh jika beli langsung di butiknya. Tapi, kan ke Itali mihiilll.. Ya, jangan maksa lah ke sono, tas-tas macam Zara, Mango pun udah cukup bukan? Beli langsung di gerainya, keaslian pun terjaga!

Pernah sesekali saya tuh amazing sama orang yang yang so proud dengan tas bajakan yang dibelinya. Pasti deh pernah mendengar omongan kayak gini.

“Eh, tas ini semi ori loh! Saya beli di butik XX, harganya sejutaan.”

Atau

“Ini model terbaru loh, harganya tujuh ratus ribu rupiah, beli di toko YY.”

Saya mendengar itu nggak ada komen, hanya membatin dalam hati, “duh beli tas bajakan harga segitu kok bangga, ya, padahal aslinya kan sudah kayak DP rumah.” Maybe im nyinyir, tapi dalam hati heheheh…

Well, mau beli tas bajakan itu pilihan masing-masing. Tapi, penasaran nggak sih gimana cara bedain asli dan palsu? Secara di pasaran itu, asli sama palsu hampir tipis banget bedanya. Yuk, simak 7 tips di bawah ini.

tips membedakan tas asli dan palsu

  1. Teliti jahitan dan material

Tas asli pasti memiliki kualitas material dan jahitan yang halus, rapi sempurna tanpa cacat. Biasanya, kualitas jahitan tas palsu tidak serapi tas asli. Material dan jahitan di bagian dalam tas asli biasanya juga berkualitas baik.

  1. Perhatikan tekstur dan warna

Tas yang asli memiliki tekstur dan warna khas yang pastinya beda dari yang palsu.

  1. Perhatikan detailnya

Misalnya, apakah ujung tas menggunakan detail logam atau kulit, apakah warna logam yang digunakan kuning keemasan atau keperakan, dan sebagainya. Untuk itu, sebelum membeli, cari informasi sebanyaknya, misalnya dengan melihat ke situs resminya.

  1. Tas kreasi desainer asli sudah pasti disertai dust bags, kotak penyimpanan dan authenticity card

Authenticity card adalah kartu kecil yang biasanya memiliki logo di bagian depan dan mencantumkan deskripsi barang yang kita beli. Ada juga authenticity card yang mencantumkan magnetic strip dan barcode. Tapi, hati-hati, karena banyak tas palsu yang menyertakan itu semua (tentunya palsu juga). Jadi, hal ini jangan menjadi satu-satunya faktor yang membuat kita percaya bahwa tas itu asli.

  1. Umumnya semua produsen mencantumkan nomor seri

Biasanya, nomor seri ini bisa ditemukan di bagian saku dalam.

  1. Perhatikan harga 

Walaupun di setiap negara relatif berbeda-beda, umumnya harga tas desainer masih dalam rentang yang tidak terlalu jauh.

  1. Gunakan insting

Kalau tas yang ditawarkan terlihat meragukan, jangan dibeli!

Semoga tips-tips di atas bisa membantu ketika memutuskan untuk membeli tas branded. Diperhatikan dengan cermat sebelum membeli, jangan sampai ketipu, ya! Ingat, yang palsu itu banyak loh di mana-mana.

Always be a smart buyer! 

Tags:, ,

18 Comments

  1. mulyani
  2. Aluna
  3. Jefry Dewangga
    • ranny
    • ranny
  4. Istiadzah
    • ranny
    • ranny
  5. Ade anita
    • ranny
  6. Lidya
    • ranny
  7. pipit
    • ranny
    • ranny

Reply