Bingung Memilih Bank Untuk Pengajuan KTA? 5 Faktor Ini Bisa Dijadikan Bahan Pertimbangan!

Disclosure : artikel ini adalah artikel placement. Untuk selengkapnya mengenai disclosure, silahkan klik page disclosure.


KTA

Maraknya bank di negara kita ini bikin masyarakat sedikit bingung saat hendak memilih bank untuk mengajukan KTA (kredit tanpa agunan). Sebentar, pada tau nggak sih apa itu KTA?

KTA (kredit tanpa agunan) adalah salah satu produk pinjaman dari bank yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa harus ada jaminan.

Jadi, singkatnya kita bisa minjem uang di bank tanpa perlu repot sediain akte tanah, akte rumah sebagai jaminannya. Keren kan? Nggak perlu pusing dan yang pasti prosesnya nggak lama.

Salah satu alasan mengapa mengajukan KTA di bank karena tingkat keamanan yang lebih terjamin dan kita bisa mendapatkan informasi lebih tentang hal ini. Selain itu juga, mempermudah kita sebagai calon debitur untuk tau sejauh mana sih proses pengajuan yang sedang berjalan. Nilai plusnya, pengajuan bisa langsung diproses saat itu juga jika kita sudah melengkapi semua dokumen yang diminta.

Karena alasan-alasan tersebut, jadi semangat dong untuk ajuin KTA. Nah sekarang,  the problem is memilih bank yang tepat untuk KTA ini. Maka daftar panjang pun disusun, mulai dari pilihan bank dan suku bunga, at last bikin kepala pusing jadinya.

Nah, biar nggak pusing memilih bank untuk KTA, 5 faktor ini bisa dijadikan bahan pertimbangan!

  1. Cek Kredibilitas Bank

skyscraper

Ini dia faktor utama yang harus diperhatikan ketika mencari bank untuk pengajuan KTA, kredibilitas bank!

Sebelum mengajukan KTA, ada baiknya sih kita mencari tahu apakah bank tersebut bisa dipercaya atau tidak. Caranya? Mudah! Cek saja apakah bank tersebut mempunyai kantor pusat di kota-kota besar dan memiliki kantor cabang di daerah, dan jumlah nasabah yang banyak.

Bisanya sih, kita cenderung memilih bank yang sudah memiliki nama besar. Yeah, you know what I mean. Bank-bank besar tersebut, kredibilitasnya sudah pasti tinggi. Ini sangat berpengaruh terhadap keamanan dalam peminjaman kredit. Semakin tinggi tingkat kredibilitas satu bank, maka semakin tinggi pula tingkat keamanannya.

  1. Suku Bunga dan Biaya

money

Faktor kedua yang nggak kalah penting adalah suku bunga yang akan dibebankan. Suku bunga ini fluktuatif dan berbeda-beda tiap bank. Ada beberapa bank yang menetapkan suku bunga tetap (fixed) dan suku bunga mengambang. Suku bunga ini sangat berpengaruh terhadap nominal yang akan kita pinjam.

Biar lebih jelas, di tabel di bawah ini adalah contoh suku bunga di beberapa bank besar di Indonesia

Nama Bank Produk KTA Suku Bunga (per tahun)
HSBC HSBC Personal Loan 14,40 % – 15,60 %
BTN Kredit Ringan BTN 9,75 %- 10,25 %
Mandiri Kredit Usaha Mikro 12,00 %
BCA BCA Personal Loan 12,00 % – 12,84 %
BNI Kredit BNI Fleksi 10,50 % – 12,50 %
Panin Kredit Express Panin 14,40 %

Di satu sisi, untuk mengajukan KTA akan ada biaya yang dibebankan kepada kita seperti, bunga kredit, biaya provisi, biaya keterlambatan, biaya pelunasan yang dipercepat dan biaya asuransi. Yang pasti, besarannya berbeda di tiap bank, mau nggak mau kita harus aktif dalam mencari informasi mengenai biaya tersebut.

Contoh sederhana, untuk KTA di Bank Mandiri, dikenakan biaya 2-3% dari limit kredit.

  1. Limit Pinjaman

calculator

Setiap bank mempunyai regulasi berbeda tentang limit pinjaman yang akan diberikan. Ada beberapa bank besar yang mencairkan dana hingga ratusan juta rupiah, namun adapula yang hanya mencairkan dana puluhan juta rupiah. Biasanya sih, jika kita memiliki payroll di suatu bank, kita dengan mudah mengajukan pinjaman dengan nominal besar dibandingkan non payroll.

Misalnya, pengajuan KTA BNI bagi pemilik payroll bisa mencapai limit Rp 100.000.000. Dan untuk non payroll  Rp 50.000.000.

Sedikit tips ya, sebelum mengajukan KTA ada baiknya kita memiliki rincian berapa besar dana yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk menentukan bank mana yang akan dipilih nantinya. Biar lebih jelas, saya bantu dengan list beberapa bank beserta limit pinjaman

Nama Bank Limit Pinjaman
HSBC Rp 10.000.000 – Rp 125.000.000
BTN Rp 5.000.000 – Rp 100.000.000
Mandiri Rp 10.000.000 – Rp 100.000.000
BCA Rp 5.000.000 – Rp 100.000.000
BNI Rp 5.000.000 – Rp 50.000.000 (tanpa payroll BNI), Rp 5.000.000 – Rp 100.000.000 (payroll BNI)
Panin Rp 3.000.000 – Rp 150.000.000
  1. Sesuaikan Jangka Waktu Pinjaman Dengan Kemampuan Finansial

waktu

Tiap bank nggak hanya mempunyai suku bunga dan limit pinjaman yang beragam saja, tapi jangka waktu pinjaman atau tenor pun berbeda. Pada umumnya, minimal jangka waktu pinjaman adalah satu tahun dan maksimalnya lima tahun. Jadi, dengan jangka waktu pinjaman yang beragam ini, kita bisa menyesuaikan dengan kemapuan finansial yang dimiliki.

Tips :

Saat mengajukan KTA sebaiknya pilih jangka pinjaman terpendek agar nggak terbebani oleh suku bunga serta biaya pengembaliannya.

  1. Syarat dan Fasilitas Tambahan

credit card

Cari tahu persyaratan yang diperlukan!

Hal tersebut adalah faktor terakhir tapi nggak kalah penting saat memilih bank untuk pengajuan KTA. Biarpun bersifat nggak ada jaminan, pengajuan KTA juga memiliki syarat yang harus dipenuhi. Pastikan kita mencari informasi tentang syarat- syaratnya di bank yang telah dipilih. Pada umumnya sih, syarat utama pengajuan KTA kurang lebih sama di tiap bank, mempunyai kartu kredit dan NPWP.

Di satu sisi, ada beberapa bank yang secara langsung memberikan fasilitas tambahan untuk KTA ini. Seperti yang sudah dilakukan oleh Bank Mandiri selama ini dengan memberikan fasilitas asuransi jiwa sebagai fasilitas tambahan. Ini tentunya memberikan nilai plus di mata calon debitur.

Baca juga : Asuransi kantor vs asuransi pribadi, perlu atau tidak?

Gimana, udah jelas yes 5 faktor yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih bank untuk pengajuan KTA? Simpel banget, tapi harus diperhatikan dengan jelas jika temans ingin mengajukan KTA. Kalau saya sih penginnya dana dari KTA  digunakan untuk keperluan modal usaha. Meminjam tapi menghasilkan. Sehingga nggak perlu pusing untuk cicilannya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, temans.

**

Sumber dari AturDuit.com

23 Comments

  1. Usup Supriyadi
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  2. Eda
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
    • ranny
  3. Ety Abdoel

Reply