Transpulmin Balsam – Sehangat Sentuhan Mama dan Sahabat Terbaik Keluarga

Selain masalah pencernaan, batuk dan flu adalah penyakit yang kerap menghampiri anak-anak, balita maupun bayi. Walaupun tubuh sudah dikondisikan dengan berbagai makanan, minuman yang sehat ternyata nggak cukup membuat mereka terhindar dari sakit.

Seperti yang terjadi dua minggu lalu, Athar dan Kei kompak sakit batuk dan flu. Penyebab pun bermula dari hal sepele.

Waktu itu, kami ke Singosaren untuk memperbaiki ponsel saya. Berempat naik motor, karena dalam keadaan tergesa-gesa, saya pun lupa memakaikan jaket, topi dan kacamata pada mereka berdua. Pergi sekitar pukul lima sore, tiba di rumah pukul delapan malam.

Kebayang yes, angin, debu, polusi yang menyatu selama perjalanan dihirup oleh kedua anakku. Keesokan harinya, mereka berdua batuk dan mulai meler. Duh!

To be honest, I’m feeling guilty. Andai saja saya lebih memerhatikan hal kecil seperti jaket, topi dan kacamata, mereka tidak akan sakit!

Cara Alami Menyembuhkan Batuk dan Flu

Saya termasuk tipe ibu yang menyukai pengobatan alami.

Untuk batuk dan flu, bisa sembuh sendiri dengan istirahat, makan yang cukup, konsumsi vitamin. Tapi, tergantung juga pada daya tahan penderitanya.

Berhubung Kei masih di bawah 2 tahun, saya nggak bisa kasih obat tanpa ada resep dokter. Sebagai gantinya saya memberikan obat alami sebagai penanggulangan pertama. Athar pun saya perlakukan hal yang sama.

8 Cara alami ini saya lakukan sebagai tindakan pertama untuk menyembuhkan batuk dan flu.

transpulmin balsam12

Saya lakukan 8 cara ini selama seminggu, hasilnya Athar alhamdulilah sembuh tanpa perlu obat dokter, tapi Kei masih batuk. Ini bikin baper! Tanpa menunda, saya pun langsung ke dokter anak langganan keluarga.

Selesai diperiksa, Kei mengalami alergi abu. Duh! Saya sedikit tercenung mendengar kalimat penjelasan dokter. Batuknya yang nggak kunjung sembuh karena Kei alergi debu juga.

“Bu, apa yang dimakan nantinya akan diserap oleh Kei jadi mesti perhatiin lagi ya makanannya. Puasa dulu kayak ikan laut, ayam diganti ayam kampung, perbanyak makan buah dan sayuran. Sabun mandi diganti dulu dengan yang khusus dan terus oleskan balsam bayi, ya. Masih ada stok transpulmin di rumah?” tanya dokter.

“Masih ada dok,” jawabku.

“Ya udah, terus diusap setelah mandi, sebelum tidur, minum obat teratur sehari tiga kali diminum sampai habis. Kalau lima hari belum sembuh juga, balik lagi.”

Nggak sampai seminggu setelah konsultasi dengan dokter, batuk Kei pun sembuh. Alhamdulilah.

Saran dokter untuk mengoleskan transpulmin balsam, masih terus saya lakukan walau keduanya sudah sembuh.

Baca juga : Lakukan 7 tips ini saat anak dan bayi di bawah 6 bulan terjangkit batuk-pilek

Transpulmin Balsam – Sehangat Sentuhan Mama

transpulmin balsam8

Transpulmin balsam sudah saya kenal sejak empat tahun lalu. Kala itu, Athar sakit batuk dan flu juga, dokter anak kami pun memberikan resep yang berisikan transpulmin balsam. Harganya memang di atas harga balsam pada umumnya. Untuk ukuran 10gram, seharga Rp. 46.000,-. Tapi, khasiatnya itu bikin saya menjadi konsumen yang loyal!

Transpulmin BB balsam diproduksi oleh PT. Mugi Laboratories – Bekasi – Indonesia dengan merk dagang yang di miliki oleh Meda Pharma GmbH & CO. KG – Bad homburg – Germany. Dan balsam bayi ini sudah ada izin BPOM-nya, untuk nomor bisa dilihat di kemasannya.

Balsam transpulmin memiliki dua varian :

  1. Transpulmin BB balsam
  2. Transpulmin family balsam 
  1. Transpulmin BB Balsam

Balsam yang ini khusus untuk bayi berusia di bawah dua tahun.

Bentuknya bukan kayak balsam biasa dari bahan kaca maupun plastik, tapi seperti obat oles dengan bentuk memanjang. Nggak heran memang kalau bentuknya seperti ini karena balsam transpulmin itu teksturnya cream bukan cairan padat.

Saya menyukai bentuk yang kecil karena bisa dibawa ke mana saja, dan teksturnya karena nggak bikin kotor kuku. Untuk yang sering pakai balsam pasti mengerti lah perihal ini. Hehehe …

Balsam transpulmin ini sangat aman untuk kulit bayi, karena tidak mengandung champor dan menthol. Kandungan eucalyptus oil memberikan efek relaksasi dan anti inflamasi. Sedangkan ekstrak bunga chamomile berfungsi melegakan gangguan pernapasan serta menghangatkan badan.

So, nggak heran yes kalau transpulmin balsam ini direkomendasikan oleh dokter anak saya.

transpulmin balsam10

Pengalaman Menggunakan Transpulmin BB Balsam

Teksturnya cream, saat dioleskan ke bagian tubuh cepat meresap. Nggak ada lengket-lengket maupun rasa perih di tangan selesai mengoleskannya.

Untuk pijat, saya suka juga menggunakan balsam ini. Dibutuhkan dua sampai tiga kali olesan agar bisa memijat. Uapnya itu bikin Kei betah menghirupnya. Nggak perih di hidung maupun di mata.

Kadar hangatnya pun pas. Ini bisa dilihat karena Kei suka ambil sendiri balsam terus dikasih ke saya, sambil tunjukin punggung. Okesip, itu artinya minta dioles dan dipijat. 😀

Dalam sehari, saya mengoleskan tiga kali ke tubuh Kei.

Walaupun Kei alergi debu, tapi penggunaan transpulmin balsam tidak memberikan efek negatif ke kulit seperti iritasi maupun muncul bintik-bintik. Malahan sebaliknya, biang keringat bisa sembuh dengan balsam ini.

Transpulmin baby balsam tersedia dalam dua ukuran, 10 gr dan 20 gr.

  1. Transpulmin Family Balsam

Untuk varian yang satu ini saya baru tahu. Selama ini familier saja dengan yang baby balsam.

Transpulmin family balsam merupakan balsam untuk meredakan gejalan influenza bagi anak usia dua tahun ke atas.

Kompsisinya hampir serupa dengan transpulmin baby balsam, hanya saja ada ditambah menthol untuk meringankan gejala pilek dan gangguan pernapasan lainnya, camphor untuk menghangatkan badan, sage oil untuk memberikan efek aromatheraphy yang merelaksasi tubuh.

Bentuknya sama dengan baby balsam, begitupun dengan teksturnya, cream.

transpulmin balsam11

Pengalaman Menggunakan Transpulmin Family Balsam

Packagingnya unik! Dengan warna dasar kuning, tulisan berwarna hijau dan ada gambar bunga mataharinya. Ukuran kecil, sangat traveling friendly.

Untuk memakainya, saya mengoleskan 1-4 cm ke dada, punggung, leher. Creamnya nggak lengket, nggak perih selesai mengoleskannya.

Senasi aroma chamomile menguar setelah beberapa detik dioleskan ke leher. Suka banget! Hangatnya menthol nendang banget. Bikin hangat seketika. Psst, hangatnya tahan lama loh.

“Enak, Ma, dingin.”

Itu komen Athar saat dioleskan ke leher dan dadanya. Saya juga, suka memijat punggungnya dengan transpulmin family balsam sesaat sebelum tidur. Athar jadi nyaman dan nyenyak tidurnya.

Selain untuk anak, balsam ini bisa juga dipakai untuk orang dewasa.

Saya suka memakainya saat punggung terasa pegal, saya minta Abang mengoleskannya sesaat  sebelum tidur, hangatnya bikin nyaman. Dan baunya itu semacam aromatherapy untuk cepat lelap.

Khasiat lain dari transpulmin family balsam yang saya rasakan, bisa untuk home remedies sinusitis loh! Saya melakukannya dua minggu sekali.

Caranya?

Cukup ambil baskom kecil, masukan air panas, tuang cream transpulmin family balsam tiga kali. Tunggu beberapa saat, kemudian uapkan ke wajah. Baiknya saat menguapkan kepala ditutup dengan handuk.

Sensasinya melegakan banget. Saluran pernapasan terasa lega, yang sebelumnya sedikit agak nggak enak di bagian pangkal dalam. Bagi saya yang memiliki sinusitis, pengobatan alami di rumah ini sangat membantu.

Repurchase? Absoluetly yes! Wajib banget menyediakan transpulmin balsam di rumah.

Beli di mana? Transpulmin balsam mudah ditemui di apotik atau toko obat, maupun secara online di marketplace seperti, Tokopedia, Lazada, Bukalapak.

Warning, transpulmin BB balsam nggak bisa dioles di wajah terutama di bawah hidung dan bagian sensitif lainnya.

Memanglah benar, transpulmin balsam ini sehangat sentuhan Mama.

Baca juga : Minuman sehat untuk anak

Quality Time Dengan Anak

transpulmin balsam9

Saat anak sakit pastinya manja mereka bertambah dua kali lipat.

Minta garuk punggung, belai rambut, pelukan, pijat sebelum tidur, bahkan tak jarang minta gendong berdua saat turun tangga. Beuh, emang jadi Mama itu kudu setrong kayak Wonder Woman! Hehehe

Kehadiran Mama di samping anak-anak sakit seperti oase di padang gurun, menyejukkan. Ada perasaan yang nggak bisa diungkapkan dengan sentuhannya. No one can replace it!

Itulah sebabnya, saya rela meminimkan aktivitas lain agar bisa menghabiskan waktu dengan anak demi kesembuhan mereka. Hal yang sama pun dilakukan Abang. Kasih sayang, perhatian, sentuhan orangtua nggak bisa dibeli di apotik manapun.

Kehangatan ala Mama pun semakin lengkap dengan hadirnya transpulmin balsam. Memijat tubuh mereka dengan balsam ini memberikan sentuhan kehangatan yang membuat nyaman. Bonding dengan anak pun semakin meningkat.

Menyediakan transpulmin balsam di rumah merupakan salah satu bentuk kehangatan cinta dari seorang Mama untuk anaknya.

Semoga anak-anak kita sehat selalu, ya …

Punya pengalaman memakai transpulmin balsam? Mau dong share di kolom komen.

Tulisan ini diikutsertakan pada lomba #KEBxTranspulmin

7 Comments

Reply