7 Inspirasi Desain Dapur yang Bisa Kamu Sontek

Beberapa hari lalu ketika lagi menunggu masakan matang, saya melihat sekeliling dapur dan tiba-tiba teringat satu quote yang mau dibikin tipografi.

The kitchen is the heart of the home.

Memang benar sih, karena makanan untuk memberikan energi dan sehat kan dibikin di dapur. Jadi, bisa dikatakan memang dapur ini maha penting kehadirannya di rumah. Dan saya pun jadi mikir dapur impian yang pengin diwujudkan.

Dapur impian ala Ranny : luas, ada jejeran kitchen set, kompor 4 tungku lalu di bawahnya ada oven, ada jendela, warnanya cerah, dindingnya motif bata, ada unsur vintage dan bagian tengah itu berbentuk persegi yang bisa digunakan untuk menyiapkan bahan makanan.

Namanya juga dapur impian, ya, seringkali berbanding terbalik dengan kenyataan. Which is, dapur sekarang di rumah saya itu minimalis liss liss… Hehehe Well, it doesn’t matter, asal masih bisa masak lah ya sudah alhamdulilah sesuatu.

Bagi sebagian orang nggak terlalu peduli ya dengan dapur, yang penting ada dapur lah. Tapi, bagi sebagian lagi, kitchen does matter! #TimPeduliDapur *halah

Saya besar di rumah yang dapurnya luas. Mau ngelakuin apa saja tuh asyik. Dan bisa bergerak dengan leluasa.

Yang sering terjadi nih, saat memasak kan suka banget bahan masakannya banyak, kelebihan dapur luas itu ya kita dengan bebas meletakkan bahan tersebut di satu tempat. Nah, kayak dapur saya yang seiprit, kadang suka ditumpuk saja. Hiks

Tau nggak, saya setelah memerhatikan foto maupun film, dapur rumah di luar negeri sana kok luas ya even untuk ukuran apartemen. Selain luas, rata-rata kitchen set itu wajib banget ada di dapur mereka.

Apa mungkin yang saya lihat di tv itu hanya sebatas karena film saja? Ah nggak juga sih. Tuh beberapa teman suka tunjukin dapurnya tanpa sengaja di IG. Bahkan ukuran rumah mediterania di Amerika pun, dapurnya luas.

Tapi kan nggak mungkin loh ujug-ujug demi film dapurnya disetting, karena bagian tersebut kadang hanya sambil lalu saja di film. Hmmm

—-batas monolog—-

Daripada pembaca ikutan pusing dengan monolog saya, mending lihat deh apa yang saya temui di Instagram dan Pintereset kesayanganku! Yha, desain dapur impian saya ada di sana!

Inilah 7 inspirasi dapur impian yang bisa disontek untuk desain dapur kamu.

  1. Jangan takut bermain motif

Sesungguhnya di pikiran saya, ubin motif itu hanyalah cocok untuk di lantai maupun hiasan dinding. Apalagi jika kalian sering tengok Instagramer dari Turki, atau dari Timur Tengah, Asia Selatan pasti percaya bahwa ubin motif itu sangatlah Instagramable untuk foto : k a k i!

Ternyata jika dipakai untuk dapur keceh juga ya. Kayak di foto ini, ubin motif itu nggak di lantai tapi di dinding. Ada kesan artistik dengan ubin motif di dinding.

Sebaiknya memilih motif yang warnanya nggak terlalu ramai, cukup satu motif saja dan satu warna.

Kalaupun mau dipaksakan satu motif atau dua motif dengan warna yang bervariasi, hmm sebenarnya dapur apa diskotik, ya? #eh

  1. Grey is The New White


Ketika membeli rumah biasanya dapur itu sudah ada desain umumnya, dinding berwarna putih. Selebihnya, tergantung dari pemilik mau ditambah desain atau nggak.

Mengombinasikan putih dan abu-abu ternyata cakep juga!

Coba lihat cat untuk kabinetnya dan border pintu, warna abu-abu bikin terlihat apik, ya. Warna putih untuk dinding pun bikin perpaduan yang nggak ‘sakit mata.’

  1. Let Your Lightning Shine


Karena nggak mau ribet, kita mah biarin saja dah lampunya yang ‘old fashioned’. Ups. Rata-rata rumah sih gitu ya, lampunya yang melekat.

Sesekali dibikin desain unik yuk untuk lampunya! Ide model lampu bisa dilihat di foto ini.

Dapur pun terlihat mirip kafe yang adem. Rasanya pengin berlama-lama di dapur.

  1. Two is Better Than One


Seperti yang saya katakan sebelumnya, biar nggak mau repot warna putih itu sudah menjadi ‘motif’ abadi untuk dapur. Tapi, hadirnya para interior desain bikin ide dapur itu makin banyak dan unik!

Nah, salah satunya dengan menggabungkan dua kabinet (yang tinggi dan rendah) dengan warna yang berbeda. Hasilnya? Totally tricks your eyes, right? Keren!

Baca juga : Tips menggunakan rak sepatu

  1. Putih Cerah Masih Favorit!

Walaupun dibilang ‘old fashioned’ tetap saja warna putih itu favorit untuk dapur. Apalagi jika dipadu dengan ubin motif kekinian yang sering dijadikan alas foto tuh, ditambah lightning gantung, bikin dapur terlihat cerah dan segar.

Foto dari Pinterest ini, bikin adem hehehe. Luas dapur, warna putih yang cerah, cahaya alami dari samping bikin betah nih untuk masak maupun foto-foto makanan.

  1. Black? Why Not!

inspirasi dapur

Warna hitam untuk dapur? Why not!

Bisa diaplikasikan cat berwarna hitam untuk dinding dapur. Shade bisa dipilih warna kayu dan kitchen set berwarna putih. Apik bukan?

  1. Farmhouse Kitchen

Kalau kalian suka nonton film luar pastinya familiar ya dengan rumah peternakan atau pertanian. Sering nggak perhatiin dapurnya?

Iyes, dapurnya luas, pakai bahan kayu, dan banyak barang dapur berjejelan di sana. Ditambah ada jendela di sekeliling.

Duh, saya suka banget lihatnya.

Bisa loh farmhouse kitchen ini dijadikan ide inspirasi untuk dapur impian kamu. Memadukan kayu, ubin bermotif sepertinya cakep yes.

Baca juga : Kapan mengganti perlengkapan rumah?

Okay, itulah 7 inspirasi dapur impian yang saya rangkumkan dari dua media sosial kesayangku. Sebenarnya kalau mau dikumpulin bisa buanyaaak banget, tapi pastinya kamu akan menemukan benang merah dari salah satu ide di atas.

Kalau saya pribadi, prefer ke putih cerah untuk basicnya (cat dinding dan kitchen set). Terus dipadukan dengan lightning kayak poin 3, dinding maunya pake ubin motif batu-bata dan bagian tengahnya itu, pengin mejanya dipasang ubin kekinian biar nggak pakai alas foto lagi kalau pengin motret makanan.

Duh, doain semoga bisa tercapai memiliki dapur impian satu hari nanti, ya. (((AMIN)))

Nah, kalau kamu dapur impiannya seperti apa? Udah terwujudkah? Share dong di kolom komen, saya mah kepo. Hehehe …

Selamat hari senin.

Have a good week ahead, my dear friends. <3

 

.

16 Comments

  1. Pu
  2. Ayu

Reply